23 March 2018

Katsu Rice Sambal Matah Waroenk, eksotisme perpaduan menu Jepang-Bali

Sejak peluncuran Katsu Rice Sambal Matah di Waroenk pada 8 Juli 2017, pelanggan yang mengonsumsinya cukup apresiatif, terlihat dari repeat order atau permintaan yang berulang-ulang, baik makan di tempat maupun dibawa pulang (take away). / Effendy Wongso

britaloka.com, KUPANG – Kolaborasi atau perpaduan dua item yang berbeda, termasuk dalam dunia kuliner biasanya akan menghasilkan suatu hal yang luar biasa. Pasalnya, kolaborasi dua menu yang berbeda juga akan menciptakan cita rasa yang lezat.
Selain saling menyempurnakan, kolaborasi dua menu membuahkan keunikan tersendiri, apalagi masing-masing menu tersebut adalah andalan dari negara yang berbeda.
Hal itu dapat dilihat dari salah satu menu yang ditawarkan Waroenk. Resto dan kafe yang berlokasi di Jalan WJ Lalamentik, Oebufu, Kupang ini memang rutin meluncurkan menu-menu unik, sebut saja Katsu Rice Sambal Matah yang merupakan paduan menu Jepang dan Indonesia, atau lebih spesifiknya dari daerah Bali.
“Seperti diketahui, menu berbahan ayam merupakan salah satu jenis bahan makanan yang paling banyak digunakan di dunia. Namun, akan terasa membosankan jika hanya disajikan secara reguler seperti digoreng atau dibakar, atau yang lagi marak adalah dengan cara digeprek atau digepuk,” terang Public Relation and Representative Admin, Merlin Sinlae dalam keterangan resminya di Waroenk, Jumat (23/3/2018) siang.
Mempertimbangkan hal itu, lanjutnya, manajemen mencoba meracik menu berbahan ayam dengan cara berbeda. Makanya, lahirlah Katsu Rice Sambal Matah yang boleh dibilang dipopulerkan pertama kali di Kota Kupang oleh Waroenk.
Merlin menambahkan, sebelumnya jenis makanan “katsu” bukanlah makanan baru. Menu ini sudah sangat populer di Negeri Matahari Terbit selain sushi dan teriyaki.
Sementara, sambal untuk Katsu Sambal Matah itu sendiri juga sudah sangat populer dan menjadi menu ikonik di Pulau Dewata.
“Jadi, kedua jenis makanan ini tidak perlu diragukan kelezatannya. Kalau katsu sudah sangat mendunia, maka sambal matah sudah menjadi menu ikonik Nusantara. Pastinya, perpaduan dari kedua menu Jepang-Bali ini bakal bikin ketagihan penikmat kuliner,” ujar Merlin.
Dijelaskan, Katsu Rice Sambal Matah disajikan secara rice bowl sesuai penyajian orang-orang Jepang atau Korea pada umumnya. “Katsu Rice Sambal Matah kami banderol cukup terjangkau Rp 32 ribu,” katanya.
Sejak peluncuran menu tersebut pada 8 Juli 2017, imbuh Merlin, pelanggan yang mengonsumsinya cukup apresiatif, terlihat dari repeat order atau permintaan yang berulang-ulang, baik makan di tempat maupun dibawa pulang (take away).
“Katsu Rice Sambal Matah termasuk top menu dalam daftar permintaan pelanggan kami. Popularitas menu ini di Waroenk, tentu tidak terlepas dari kreativitas chef kami yang inovatif,” pujinya.
Sekadar diketahui, katsu atau lebih sering disebut Chicken Katsu oleh penikmat kuliner dari negara-negara Eropa, memiliki nama asli tori katsu yang merupakan hidangan asli asal Jepang.
Menu ini terdiri dari irisan daging ayam dengan balutan tepung roti. Cara meracik selanjutnya, daging ayam dibumbui garam dan lada lalu dibalur telur dan tepung roti sebelum akhirnya digoreng dengan teknik “deep-frying”.
Katsu biasanya diolah dari fillet dada ayam. Salah satu bahan utama untuk membuat hidangan ini adalah “panko” atau variasi tepung roti khas Jepang. Panko memiliki tekstur lebih besar, kasar, dan renyah dibandingkan tepung roti pada umumnya. Secara parsial, hidangan ini umumnya disajikan bersama nasi putih, irisan kubis, serta saus pedas, saus teriyaki, atau kari. Sekadar info, teriyaki adalah cara memasak khas Jepang. Di sini, daging dipanggang dan diberi saus yang terbuat dari kecap dan gula.
Sementara itu, sambal matah adalah salah satu kuliner dari Bali yang sangat terkenal dan sudah populer sehingga menjadi menu ikonik nasional. Adapun yang unik dari sambal matah ini adalah cara penyajiannya.
Pasalnya, sambal matah disajikan setengah mentah dan tidak digerus seperti salad yang lezat dan pedas. Bagi penikmat kuliner yang menyukai cita rasa pedas, biasanya akan menyukai sambl matah ini.