12 September 2017

Menu Korea Beef Bulgogi Waroenk paling digemari pelanggan

Dalam bidang kuliner, Negeri Gingseng ini juga “menggigit”. Berbagai varian makanan Korea sudah menjandi menu internasinal yang digemari warga dunia. Sebut saja Bulgogi dan Kimchi.
britaloka.com, KUPANG - Siapa yang tidak mengenal Korea Selatan (Korsel). Salah satu daerah di Semenanjung Korea ini adalah negara yang sebelumnya dikenal sebagai penghasil telepon seluler ternama, Samsung. Tidak hanya itu, dalam bidang otomotif pun mereka menghasilkan produk mobil yang juga cukup ternama, Hyundai.
Tidak kalah dengan produk komersial dalam bidang teknologi, Korsel yang kerap disebut “Korea” saja juga tak kalah pamor dalam bidang fashion, juga entertainment seperti film dan musik. Film dan musik bahkan sudah menjadi industri di sana.
Dalam bidang kuliner, Negeri Gingseng ini juga “menggigit”. Berbagai varian makanan Korea sudah menjandi menu internasional yang digemari warga dunia. Sebut saja Bulgogi dan Kimchi.
Di Kota Kupang, salah satu resto dan kafe representatif, Waroenk juga sudah mengeluarkan menu Korea, Bulgogi.
“Selain Bulgogi, kami juga menyediakan menu Korea lainnya seperti Korean Chicken Pop dan Sticky Wings,” papar owner Waroenk saat ditemui di Waroenk, Jalan WJ Lalamentik, Kupang, Nusa Tenggara Barat (NTT), Senin (12/9/2017).
Ditambahkan, pihaknya memang sudah menyediakan beberapa menu Korea tadi sejak peluncuran Waroenk  pada 8 Juli 2017 lalu.
“Dari serangkaian menu Korea, Bulgogi menjadi menu terfavorit pelanggan. Menu ini kami namakan Beef Bulgogi, dengan bahan daging sapi pilihan yang empuk dan gurih,” beber Steven.
Sementara, menu Korea lainnya seperti Korean Chicken Pop dan Sticky Wings juga tidak kalah digemari. Pasalnya, bahan-bahan yang digunakan juga pilihan sayap ayam yang renyah.
Hal itu diakui salah seorang pelanggan Waroenk asal Korea yang tengah berkunjung ke Kupang, Kim (55). Pria yang fasih berbahasa Indonesia ini mengatakan, Beef Bulgogi yang dinikmatinya tidak jauh berbeda dengan apa yang disantapnya di Waroenk.
Sekadar diketahui, Bulgogi adalah olahan daging asal Korea. Daging yang digunakan antara lain daging sirloin atau bagian daging sapi pilihan.
Sementara, bumbu bulgogi adalah campuran kecap asin dan gula ditambah rempah lain bergantung pada resep dan daerah di Korea. Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus bulgogi bersama kimchi, bawang putih, atau bumbu penyedap lain.
Di Jepang, makanan yang sejenis disebut Yakiniku. Dibandingkan Yakiniku, bumbu daging untuk bulgogi dibuat lebih manis. Air bumbu cukup banyak sehingga daging tidak dipanggang di atas plat besi (teppan), melainkan di atas panci datar.