28 March 2017

Ini fakta berkendara di musim hujan lebih aman mengendarai Toyota

Fitur defogger hadir di semua produk Toyota, namun tidak di setiap tipe. Pelanggan dapat mengetahui info lebih lengkap dengan mengunjungi dealer Kalla Toyota terdekat./Effendy Wongso
britaloka.com, MAKASSAR - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Makassar memperkirakan hujan masih mengguyur sebagian daerah di Sulsel, termasuk Makassar hingga April 2017.
Hujan yang terjadi diprakirakan bervariasi mulai intensitas ringan hingga lebat disertai angin kencang. Bagi pelanggan yang memiliki segudang aktivitas padat, hujan deras tentunya akan menghambat kegiatan.
Untuk itu, diperlukan performa mobil dan pengemudi dengan kondisi prima untuk menghadapi derasnya hujan.
Mempersiapkan mobil menghadapi kondisi hujan harus dilakukan setiap saat, bukan hanya pada musim hujan. Dengan begitu, sewaktu-waktu air mengguyur mobil sudah siap menghadapinya.
Kendati begitu, sering pelanggan tidak memperhatikan fitur keselamatan yang telah disematkan untuk memastikan keamanan pengendara maupun pengemudi selama perjalanan.
Ini khususnya di musim hujan yang ditandai jarak pandang kurang maksimal akibat embun dan kabut maupun jalanan yang licin. Tetapi jangan khawatir lantaran beberapa fitur Toyota menjamin keselamatan pengendara.
Vehicle Stability Control
Vehicle Stability Control (VSC) adalah salah satu fitur keselamatan yang berfungsi mencegah kecelakaan pada lintasan yang sulit seperti tikungan tajam, jalan yang licin atau tergelincir dan melakukan pengereman secara mendadak.
Sistem VSC ini bekerja dengan cara mengerem secara otomatis pada roda-roda tertentu, dan jika diperlukan mengurangi aliran tenaga mesin guna membantu mengarahkan mobil tetap di jalur yang dikehendaki pengemudi.
Fitur ini penting terutama di jalanan licin dan berliku yang potensial terjadi understeer atau oversteer. Dua gejala itu sangat berbahaya karena membuat mobil bergerak ke jalur lain atau keluar jalan sehingga potensial menyebabkan kecelakaan.
Fitur VSC ini dapat anda temukan di New Camry 2.5 Hybrid dan  Tipe V, semua tipe All New Corolla Altis,  All New Innova Tipe Q dan Diesel, All New Sienta Tipe Q, seluruh tipe Alphard dan Alphard Hybrid, semua tipe All New Venturer, Fortuner Tipe 4x4 VRZ, Seluruh Tipe Land Cruiser, serta Hilux D Cab.
Traction Control
Traction Control (TRC) berfungsi untuk mencegah slip roda pada saat akselerasi. Mobil yang dikendarai biasanya mengalami slip ketika melintasi jalan yang licin seperti salju ataupun genangan air.
Pada kondisi ini, roda tidak menerima gaya gesekan yang cukup untuk menggerakkan mobil. Adanya Traction Control dan Antilock Braking System (ABS) pada mobil akan bekerja sama. ABS akan mencoba mencegah slip saat pengereman dan TRC akan mencegah slip ketika akselerasi.
TRC sendiri biasanya menggunakan sensor kecepatan di roda untuk mendeteksi kecepatan kendaraan dan mendeteksi adanya slip antara roda dan jalan. Bila terdeteksi adanya slip, TRC akan memastikan hanya sedikit torka yang tersalur ke roda yang slip.
Dengan memperkecil torka, diharapkan gaya gesek antara ban dan mobil akan kembali ada dan membuat mobil kembali bergerak.
Input utama dari TRC ini adalah sensor kecepatan pada ban dan sensor inilah yang secara berkesinambungan akan memonitor kecepatan dari setiap roda. Kemudian, sensor akan mengirimkan data tersebut ke ABS dan TRC Electrical Control Unit (ECU).
Bila terdeteksi adanya slip, TRC akan mengatur rem hidrolik yang ada di ban yang mengalami slip tadi. Proses ini kemudian memperlambat kecepatan roda yang slip, sehingga gaya gesek akan muncul kembali.
Pada saat bersamaan, torka akan dipindahkan ke roda yang berlawanan. Tentu diberikannya teknologi ini untuk semakin meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam mengendarai Toyota. Fitur TRC  dapat diemukan di All New Fortuner Tipe 4x4 VRZ.
Rain sensor
Rain sensor merupakan pengembangan dari intermittent wiper. Rain sensor  bekerja berdasarkan input dari sensor yang mendeteksi tetesan air di kaca depan. Input  dari sensor ini kemudian membuat komputer memeritahkan wiper bekerja menyapu air.
Sistem rain sensor biasanya bekerja setelah diaktifkan melalui tombol atau tuas yang menjadi satu dengan wiper. Fitur rain sensor terdapat pada Grand New Corolla Altis dan New Camry.
Defogger
Defogger adalah penghilang embun yang diletakkan di bagian kaca depan, kaca belakang, dan spion mobil. Defogger ini memiliki cara yang berbeda dalam menghilangkan embun yang mengganggu pandangan pengemudi, ada yang memakai elemen panas untuk mengusir embun dan ada yang menggunakan hembusan udara tertentu untuk menghilangkan embun.
Embun pada kaca-kaca ini timbul karena adanya perbedaan suhu di bagian dalam kabin dan luar kabin sehingga terjadi kondensasi, embun yang terjadi sering mengganggu pandangan pengemudi terhadap lingkungan luar seperti jalan atau kendaraan lain.
Fitur defogger hadir di semua produk Toyota, namun tidak di setiap tipe. Pelanggan dapat mengetahui info lebih lengkap dengan mengunjungi dealer Kalla Toyota terdekat. 
Foglamp
Foglamp atau lampu kabut ini sangat bermanfaat ketika cuaca ekstrim misalnya hujan lebat atau kabut tebal sedang turun, foglamp biasanya memiliki sorot yang jauh lebih terang dibandingkan headlamp (lampu depan) mobil.
Foglamp sangat cocok untuk penerangan saat hujan lebat di malam hari atau bahkan turunnya kabut yang sering mengganggu pandangan pengemudi.
Perlu dicatat, jika cuaca ekstrim dan hanya mengandalkan headlamp, biasanya pengemudi hanya memiliki jarak pandang satu-dua meter. Saat seperti inilah fitur foglamp bisa diaktifkan.
Terangnya nyala foglamp ternyata juga memiliki dampak negatif, yaitu konsumsi listrik yang sangat boros. Oleh karena itu, pengemudi harus bijak menggunakan fitur ini, jika pandangan sudah cukup aman maka matikan foglamp (jangan dihidupkan terus menerus).

Fitur Foglamp juga terdapat di semua produk Toyota namun untuk beberapa tipe tertentu.