06 March 2016

Cara Cerdas Korporasi Rangkul Komunitas untuk Dongkrak Penjualan

MEGA-BARCA - Bank Mega merilis produk Mega-Barca dalam bentuk tabungan, kartu kredit, kartu debit, dan kartu Mega Cash. BLOGKATAHATIKU/IST
britaloka.com - Banyak cara yang dilakukan pelaku usaha untuk menaikkan omset. Salah satu dengan menggandeng komunitas. Inilah yang kerap disebut “smart business”, melalui komunitas atau “brand ambassador”, nantinya brand suatu perusahaan bakal dicitrakan kepada publik, khususnya komunitas yang memiliki banyak anggota.
“Banyak jalan menuju Roma”. Pepatah ini juga berlaku untuk meningkatkan omset penjualan. Saat ini, produsen harus dapat berkomunikasi dengan konsumennya. Pasalnya, dalam era modern ini pelanggan juga dapat membantu suatu perusahaan meningkatkan omset penjualan.
Untuk itu, membangun jaringan mutlak dilakukan, mengingat pelanggan sudah saling terhubung berkat kemajuan teknologi internet. Apalagi, di kota-kota besar sudah banyak berkembang komunitas beranggotakan berbagai kalangan, baik komunitas online maupun offline. Di era transformasi komunikasi, siapa yang cepat mendapatkan informasi maka ia yang akan menjadi pemenang.
Hal tersebut dilakukan banyak perusahaan besar yang memanfaatkan komunitas untuk mendulang omset lebih besar. Komunitas tersebut bisa dari “bentukan” sendiri, tetapi bisa juga memanfaatkan komunitas yang sudah terbentuk sebelumnya. Beberapa perusahaan bahkan rela memberikan insentif kepada anggota komunitas, dalam bentuk mensponsori kegiatan atau branding atribut. Harapannnya melalui komunitas itu, dapat membantu menjadi media promosi, sekaligus memasarkan produk.
Salah satu komunitas yang paling banyak memiliki anggota adalah pecinta sepak bola. Indonesia ternyata menjadi basis penggemar sepak bola terbesar klub-klub elit Eropa. Hal ini terlihat dari jumlah follower di akun Facebook resmi beberapa klub-klub elit Eropa tersebut, berdasarkan statistik yang disajikan di situs khusus penganalisis media sosial, socialbakers.com.
Fakta ini yang kemudian mendorong sejumlah perusahaan perbankan di Indonesia merilis produk branding klub-klub sepak bola Eropa. Seperti Bank Mega yang meluncurkan produk terbarunya, kartu debit dan kredit Mega-Barca.
Sebelum resmi dikeluarkan, sekitar 200 orang nasabah dan penggemar FC Barcelona yang disapa Barcelonista di Makassar, diajak nonton bareng (nobar) sewaktu Barcelona kontra Arsenal dalam laga Piala Champion di Emirates Stadium, belum lama ini di Dante Cafe, Jalan Amanagappa, Makassar.
“Acara ini sekaligus memberikan apresiasi kepada nasabah Bank Mega yang juga penggemar klub Barcelona,” terang Direktur Credit Card and Personal Loan, Dodit Wiweko Probojakti.
Menurutnya, produk Mega-Barca ini akan dikeluarkan setelah Bank Mega  menandatangani perjanjian kerja sama penerbitan kartu branding Mega-Barca. Bank milik CT Corp ini resmi menjadi bank pertama yang menjadi mitra FC Barcelona di Indonesia, sekaligus menggaet komunitas pecinta Barcelona di Indonesia.
Dengan produk itu, Dodit memproyeksi dapat menggaet 2,5 juta nasabah tahun ini. “Jumlah ini baru sekitar 10 persen dari total 25 juta penggemar FC Barcelona di Indonesia. Perjanjian kerja sama Bank Mega-Barcelona FC  berlaku empat setengah tahun tahun ke depan, sesuai kotrak kerja sama dengan official Barcelona FC.
Produk Mega-Barca nantinya dikeluarkan dalam bentuk tabungan, kartu kredit, kartu debit, dan kartu Mega Cash. Khusus kartu kredit hanya akan dikeluarkan jenis platinum. “Saat ini, nasabah Bank Mega berjumlah 1,7 juta. Dengan adanya produk Mega-Barca, diharapkan bisa mendongkrak pertumbuhan 20 persen hingga 30 persen,” ujar Dodit.
Regional Manager PT Bank Mega Makassar (Sulawesi, Maluku, dan Kalimantan), Andrew Wong Jaya, menjelaskan, pihaknya menargetkan bakal menggaet 39 ribu nasabah khusus kartu kredit Mega-Barca. “Rata-rata, penggemar Barcelona merupakan anak muda. Pasar itu yang akan dibidik Bank Mega,” bebernya.
Ditambahkan, nasabah akan mendapatkan beragam manfaat program eksklusif dari produk Mega-Barca. Termasuk kesempatan bertemu langsung pemain Barcelona FC, menyaksikan pertandingan langsung Barcelona FC di Camp Nou, serta keuntungan tambahan saat pembelian atribut Barcelona FC di FCB official Asia Online Store.
Bukan hanya Bank Mega, beberapa tahun sebelumnya Bank Danamon juga sudah memperkenalkan kartu debit/ATM Manchester United (MU) Legend Edition. Peluncuran kartu edisi khusus tersebut guna merayakan kesuksesan MU menjuarai Liga Premier Inggris ke-20 kali.
Peluncuran produk Danamon itu, juga merupakan realisasi komitmen manajemen untuk rutin merilis produk inovatif, sekaligus mempersembahkan pelayanan terbaik bagi nasabah, khususnya fans setia klub sepak bola MU. Apalagi, jumlah penggemar MU di Indonesia sangat besar.

Telkomsel Gaet Komunitas Bikers

Sepeda motor telah menjadi transportasi pilihan utama masyarakat Indonesia. Itu yang membuat klub-klub pecinta kendaraan roda dua tersebut tumbuh bagai jamur. Guna menggeat penggunanya, Telkomsel menawarkan inovasi teknologi T-Bike, yang hadir sebagai solusi digital terbaik untuk berkendara sepeda motor.
T-Bike memiliki dua keunggulan utama, yakni fitur lengkap dan cara pemasangan yang mudah dan cepat. Hal ini mendapat pengakuan dari tiga lembaga kredibel, Museum Rekor Indonesia (MURI), Motor Plus, dan Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot).
T-Bike yang merupakan aplikasi Internet of Things (IOT), hadir sebagai bentuk dukungan Telkomsel dalam penerapan Smart City di Indonesia. Beberapa kota sudah mendeklarasikan sebagai Smart City, termasuk Makassar yang mengintegrasikan teknologi dalam segala aspek, termasuk transportasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
“Telkomsel mengembangkan T-Bike sebagai asisten pengendara cerdas dengan fitur lengkap, seperti memonitor dan memandu lokasi, kecepatan dan area berkendara  sepeda motor, serta mengendalikan akses mesin sepeda motor dari aplikasi di ponsel cerdas berbasis Android dan iOS,” terang Corporate Communication Telkomsel area Pamasuka, Hasrina.
Ditambahkan, pelanggan Telkomsel bisa datang ke kantor Grapari Makassar, agar bisa menjalankan aplikasi T-Bike. “Bagi pelanggan Telkomsel di Makassar, sudah bisa merasakan bagaimana rasanya penerapan aplikasi T-Bike pada kendaraan sepeda motornya,” imbuhnya.
Hasrina menjelaskan, Desember 2015 lalu, Telkomsel Makassar sudah melakukan trial aplikasi T-Bike pada semua merek sepeda motor, dan ternyata sudah bisa berjalan dengan baik.
“Demi keamanan dan kenyaman pengendara sepeda motor, sudah saatnya menggunakan aplikasi khusus yang dikeluarkan Telkomsel,” pesannya.

Sharing di Komunitas Bisnis Trading

Senada yang dilakukan InFocus Trading (IFT) Academy, yang membuka coffee shop Redhot Coffee di kawasan Panakukang, menurut Public Relation IFT, Seri Elronni, konsep yang diusung coffee shop-nya berbeda dengan yang lain.
“Soalnya, selain nyaman buat ngopi, coffee shop kami ini juga dijadikan sebagai tempat pelatihan trading. Ide awal untuk buka coffee shop ini memang untuk menggaet pelaku bisnis trading yang ada di Makassar,” jelasnya.
Di Redhot Coffee, semua trader bisa saling sharing informasi sekaligus konsultasi dengan suasana lebih santai. Makanya, lokasinya sengaja dipilih bebas hiruk-pikuk dan bising suara kendaraan bermotor.
“Segmen pasar kami memang para trader. Kendati begitu, pengunjung juga banyak dari kalangan profesional, komunitas, maupun entrepreneur,” papar Seri.
Namanya saja coffeshop-nya para trader, etiap Jumat malam disediakan waktu khusus untuk trader saling berbagi analisis. Pada saat itu akan dibuka layar lebar, untuk bersama menyaksikan kondisi pasar, utamanya apabila ada berita-berita ekonomi penting dunia.