10 February 2016

Wali Kota Makassar Siapkan Rp 35 Miliar Tertibkan PKL

RELOKASI - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (kiri), saat dibadikan belum lama ini. Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kembali menegaskan akan merelokasi pedagang kaki lima (PKL) dalam suatu kawasan tersendiri. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kembali menegaskan akan merelokasi pedagang kaki lima (PKL) dalam suatu kawasan tersendiri. Lokasi yang strategis dalam Kota Makassar disiapkan untuk menampung sekitar 1.500 PKL yang mengepung kota seperti saat ini. 
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, mengungkapkan, setidaknya lima titik lokasi akan disiapkan Pemkot Makassar untuk disulap menjadi lokasi berdagang para PKL. Proyek ini akan segera dijalankan pada pertengahan 2016 sebagai bagian dari pencanangan tahun Infrastruktur Pemkot Makassar. 
“Saat ini, sudah ada tiga titik lokasi yang disiapkan. Namun, saya merancang paling tidak harus ada lima titik lokasi untuk menampung seluruh PKL. Tiga lokasi itu, Pantai Losari, Al Markaz, dan sekitar Karebosi. Sementara, dicari dua lokasi lagi,” terangnya belum lama ini, saat melakukan pembinaan PKL di Hotel Continent Centerpoint Panakkukang, Jalan Adhyaksa Baru, Makassar.
Untuk merealisasikan rencana penertiban itu, Pemkot Makassar harus menyiapkan anggaran sekitar Rp 35 miliar. “Sudah ada hitung-hitungan, setidaknya butuh Rp 35 miliar, semuanya pasti sudah bagus. Ini akan jadi kawasan terpadu, sehingga seluruh kegiatan pariwisata bisa dilakukan di situ,” beber Ramdhan
Nantinya, untuk masuk ke wilayah PKL centre tidak akan dikenakan biaya apapun. Sementara, bagi pedagang PKL yang sudah terdaftar dan terklarifikasi tidak akan dikenakan biaya. 
“Ke depannya, ketika PKL centre ini sudah berjalan dengan baik, mungkin ada retribusi kebersihan dan operasional, tetapi belum ada pembahasan sampai ke sana,” ungkap Ramdhan.
Menurutnya, PKL centre tersebut ditarget akan selesai pada tahun ini juga. “Selambatnya, diupayakan pada 17 Agustus nanti sudah ada salah satu dari lima PKL centre yang rampung,” harapnya.
Persoalan PKL yang mengepung hampir seluruh sudut Kota Makassar, diharapkan akan lebih tertata dengan adanya relokasi tersebut. “Tindak lanjut pembinaan PKL yang dilakukan Pemkot Makassar sudah berjalan. Kami juga sudah merancang kerja sama dengan perbankan. Adapun penjaminannya oleh Pemkot Makassar sendiri,” imbuh Ramdhan.