27 February 2016

Tips Merawat Ban Mobil Agar Awet

MERAWAT BAN - Merawat ban mobil sudah menjadi keharusan bagi pemiliknya. Pasalnya, ban merupakan komponen utama dalam berkendara. Ban juga sangat mempengaruhi performa mobil saat digunakan di jalanan. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Merawat ban mobil sudah menjadi keharusan bagi pemiliknya. Pasalnya, ban merupakan komponen utama dalam berkendara. Ban juga sangat mempengaruhi performa mobil saat digunakan di jalanan. Sehingga, diperlukan cara merawat ban mobil secara benar agar tetap berfungsi maksimal.
Teknisi Centro Ban, Idris saat ditemui di Jalan Bandang, Makassar, Kamis (25/2), mengatakan, bila ban tidak pernah dicek pemilik kendaraan, akibatnya bisa fatal. “Sebagai salah satu komponen utama, ban mobil seharusnya dirawat secara  khusus, tidak boleh dibiarkan begitu saja tanpa diperiksa kondisinya,” paparnya.
Untuk merawat ban mobil agar awet, Idris membeberkan beberapa tips. “Pertama, periksa tekanan udara ban mobil. Soalnya, tekanan ban yang terlalu kecil akan membuat ban cepat rusak, sementara apabila tekanan ban terlalu keras, bisa membuat ban rentan sobek,” ulasnya.
Hal kedua yang tidak boleh diabaikan adalah spooring dan balancing. Kedua cara tadi merupakan cara terukur untuk menjaga kestabilan ban mobil. “Biasanya, ban mobil yang sering digunakan cepat berubah posisi dan menjadi kurang stabil. Untuk itu, setiap pemakain lima ribu kilometer, sebaiknya pemilik kendaraan melakukan spooring dan balancing,” pesan Idris.
Adapun hal ketiga adalah berkendara yang baik dan benar. “Maksudnya, dengan menerapkan perilaku berkendara baik, dapat menjaga keawetan ban mobil. Contoh, tidak mengubah kecepatan secara drastis, tidak melakukan pengereman mendadak, mengeluarkan barang yang tidak penting agar beban pada mobil tetap terjaga. Perilaku berkendara seperti ini terbukti dapat membuat ban mobil lebih awet,” imbuhnya.