07 February 2016

Peringati Pekan Batik Nasional, AHM Gelar Program Sahabat Satu Hati Membatik

BATIK - PT Astra Honda Motor (AHM) bersama 200 Sahabat Satu Hati mengadakan kegiatan pelestarian batik khas pesisir Jakarta Utara sebagai bagian dari upaya melestarikan budaya Indonesia. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATHATIKU - PT Astra Honda Motor (AHM) bersama 200 Sahabat Satu Hati mengadakan kegiatan pelestarian batik khas pesisir Jakarta Utara sebagai bagian dari upaya melestarikan budaya Indonesia.
Kegiatan bertajuk “Sahabat Satu Hati Membatik” ini digelar dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2015 lalu. Sebanyak 200 Sahabat Satu Hati yang terlibat dalam kegiatan tersebut, merupakan para siswa dan guru dari 12 sekolah binaan AHM melalui program Sekolah Satu Hati.
Deputy Head of Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, mengatakan, batik pesisir khas Jakarta Utara memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang perlu terus dilestarikan sebagai aset budaya bangsa selain batik jenis lainnya yang telah dikenal luas seperti batik Solo maupun Yogyakarta.
“Batik adalah kebudayaan Indonesia. Kami ingin Sahabat Satu Hati yang mayoritas generasi muda, juga memiliki komitmen untuk ikut menjaga dan melestarikannya. Melestarikan batik akan semakin mempertegas karakter khas Indonesia yang membedakannya dengan negara lain,” ujarnya.
Batik khas pesisir Jakarta Utara selama ini belum banyak dikenal publik. Batik jenis ini memiliki karakter warna cerah dan motif nongeometris dengan goresan garis yang tegas.
Dalam kegiatan, para Sahabat Satu Hati belajar membuat kreasi pola batik khas wilayah ini, menggunakan canting sebagai alat pembatik hingga mempelajari penggunaan bahan lilin (malam) batik. Pada akhir acara, mereka mempresentasikan makna motif batik yang dibuat, sekaligus nilai apa yang bisa digali setelah membatik.
“Ini adalah upaya mengekspresikan kecintaan terhadap batik Indonesia. Diusung 700 bikers Honda CB150R Streetfire dalam kegiatan turing dengan memakai atribut ataupun pakaian bermotif batik. Kegiatan bertajuk All New CB150R Streetfire Fun Cultour digelar secara serentak di 13 wilayah main dealer Honda di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi,” tutup Ahmad.