26 February 2016

Majukan Industri Kreatif, Astragraphia Hadirkan Pencetakan Foto Digital Terbaru

INOVATIF - Astragraphia Document Solution kini memberikan solusi inovatif pencetakan digital terbaru dari Fuji Xerox dalam bentuk mesin dan software pendukungnya. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Bisnis pencetakan foto konvensional saat ini mengalami penurunan yang sangat tajam akibat imbas evolusi teknologi digital. Banyak konsumen lebih memilih menyimpan dokumentasi foto berupa soft copy dalam gadget, kemudian disebarkan melalui akun media sosial.
Astragraphia juga melihat adanya penurunan tajam di bisnis photo player. Berbagai kendala dihadapi layanan cetak foto konvensional, antara lain media yang digunakan tidak beragam, ukuran hasil cetak yang sangat terbatas (8 RS), output yang dihasilkan hanya berupa foto, kesulitan pemeliharaan, serta biaya cetak yang tinggi.
Untuk itu, Astragraphia Document Solution kini memberikan solusi inovatif pencetakan digital terbaru dari Fuji Xerox dalam bentuk mesin dan software pendukungnya. Ini guna membantu para photo player agar mudah memberikan layanan yang lebih dari sekadar cetak foto kepada pelanggannya.
Hal tersebut diungkapkan Direktur PT Astra Graphia, Arifin Pranoto, belum lama ini di Jakarta. Menurutnya, pihaknya ingin industri kreatif dapat meningkatkan roda perekonomian usaha kecil dan menengah (UKM) dengan sentra usaha percetakan dan grafika, untuk menstimulus multiplier efek memajukan industri lainnya.
“Oleh karena itu, kami selalu berkomitmen untuk menghadirkan solusi dan produk dengan value terbaik bagi pelanggan kami. Adapun produk yang menjadi andalan dalam solusi ini adalah Fuji Xerox Versant 2100 Press yang dilengkapi teknologi pertama di dunia, RIP processing yang memiliki resolusi 1.200 x 1.200 x 10 bit depth. Teknologi ini mampu menghasilkan ketajaman warna yang solid dengan detail yang sangat baik, sangat cocok untuk mencetak foto,” paparnya.
Sementara, Fuji Xerox Versant 80 Press yang memiliki keungulan cetak long banner print dengan ukuran hingga 330mm x 660mm, secara konsisten terus membuktikan memiliki kualitas cetak khas Fuji Xerox kepada kalangan pelaku industri maupun pecinta fotografi.
“Terbukti, Desember 2015 lalu, Forum Pewarta Foto Indonesia (FPFI) memilih kami untuk mencetak 100 foto hasil karya terbaik mereka untuk dipamerkan, baik dalam ukuran dan bentuk yang bervariatif seperti long banner printing maupun katalog booklet,” beber Arifin.
Solusi cetak digital terbaru dari Fuji Xerox dan Astragraphia memungkinkan para photo player menggunakan beragam kertas, dengan ukuran cetak yang tidak terbatas. “Biaya pemeliharaan dan biaya cetak per lembarnya lebih efisien, dan tentunya personalisasi cetak dengan otomatisasi di berbagai lini proses. Contoh lainnya adalah peluang bisnis photo book. Bisnis photo book ditambah beragam aplikasi cetak dengan konten foto yang mudah dipersonalisasikan, belakangan memang tengah tumbuh pesat,” tutur Arifin.
Astragraphia selaku distributor eksklusif Fuji Xerox, memberikan solusi terintegrasi untuk pencetakan photo book dengan teknologi laser digital printing hingga mesin finishing bagi para pelaku bisnis photo lab tersebut, sehingga mereka dapat mengembangkan dan memanfaatkan peluang besar ini demi perkembangan bisnis mereka.