26 February 2016

Implementasi CSR Warnai HUT ke-59 Astra Group

ASTRA GROUP - Para pimpinan anak perusahaan Astra International yang tergabung dalam Astra Group Makassar foto bersama saat seremoni HUT ke-59 PT Astra International Tbk. BLOGKATAHATIKU/EFFENDY W
BLOGKATAHATIKU - Astra Group Makassar yang terdiri dari kumpulan anak perusahaan PT Astra International Tbk yang berafiliasi atau biasa disebut Affiliated Company (Affco), memiliki banyak program kerja di 2016. Salah satunya adalah Kampung Berseri Astra (KBA) di Kelurahan Rappocini.
Hal tersebut diungkapkan Ketua Astra Group Makassar, Suhardi, dalam sambutannya pada perayaan HUT ke-59 Astra International di Kantor Astra UD Truck, Rukan Pettarani Bisnis Center, Jalan AP Pettarani, Makassar, Selasa (23/2).
Dijelaskan, KBA merupakan salah satu bagian corporate social responsibility (CSR) pihaknya, meliputi empat pilar utama yang mengusung lingkungan, kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan ekonomi.
“Kelurahan Rappocini kami pilih karena keempat pilar tersebut sudah terpenuhi, di antaranya implementasi program Bank Sampah dan Lorong Garden, Posyandu, serta Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Selain itu, Astra Group juga mendukung perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) seperti perajin rotan,” beber Suhardi.
Ditambahkan, pihaknya sudah mensurvei beberapa tempat, tetapi hanya Rappocini yang memenuhi kriteria. “Memang masih belum optimal, maka di sinilah fungsi Astra Group Makassar untuk memberikan pembinaan,” imbuhnya.
Suhardi memaparkan, dari program-program yang sudah ada, pihaknya akan melakukan pembinaan dan pengembangan. “Khusus untuk kerajinan wanita PKK dan Kebun Astra, memang baru akan dimulai,” urainya.
Penandantangan nota kesepahaman antara Astra Group Makassar dengan pemerintah setempat, sudah dimulai sejak bulan lalu, namun tahapannya dimulai bulan depan.
Suhardi mengungkapkan, total dana yang siap digelontorkan untuk KBA di Kelurahan Rappocini sekitar Rp 100 juta. Kendati demikian, pemberian dananya bertahap, tergantung pengembangan dan aktivitas kelurahan tersebut, yang ke depannya diharapkan dapat mandiri.
“Ini juga sesuai filosopi Astra, ‘Sejahtera Bersama Bangsa’. Kegiatan CSR ini bagian tanggung jawab sosial bagi seluruh insan Astra. Kami berharap, pemerintah dan warga bisa mewujudkan kesejahteraan yang lebih baik,” imbaunya.
Sementara itu, Lurah Rappocini, Aulia Arsyad yang hadir sebagai tamu undangan, mengucapkan terima kasih kepada Astra Group Makassar karena telah memilih Kelurahan Rappocini.