07 February 2016

Bisnis Manis di Hari Kasih Sayang

MOMEN VALENTINE - Jelang Valentine, transaksi penjualan beberapa outlet meningkat cukup tajam, bahkan mencapai 100 persen dibandingkan hari biasa. Selain toko-toko coklat yang memiliki aset dalam jumlah besar, beberapa orang mencoba memanfaatkan momen Valentine untuk mencari rezeki. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU Secara umum, coklat merupakan hadiah yang paling cocok untuk orang yang dikasihi, baik pacar, teman, sahabat, maupun orang tua. Merayakan momen hari kasih sayang yang lebih dikenal dengan sebutan “Valentine, sejumlah remaja putra maupun putri akan ramai menyerbu sejumlah usaha yang menawarkan suvenir, bunga, dan beragam kudapan seperti coklat.
Jelang Valentine, transaksi penjualan beberapa outlet meningkat cukup tajam, bahkan mencapai 100 persen dibandingkan hari biasa. Selain toko-toko coklat yang memiliki aset dalam jumlah besar, beberapa orang mencoba memanfaatkan momen Valentine untuk mencari rezeki. Uniknya, hanya bermodal “cekak”, mereka dapat merintis usaha ini dengan manis. Aisyah Nurfitri, salah seorang pelaku usaha UMKM di Makassar misalnya, yang mengaku menggelontorkan modal awal hanya Rp 50 ribu.
Ide awal berjualan coklat datangnya setelah melihat antusiasme teman-temannya membeli coklat yang sering diberikan sebagai hadiah. Berbekal keterampilan mengolah bahan kue yang didapat saat ikut kursus masak sewaktu SMA dulu, ia pun mulai berjualan.
Berbagai jenis dan model coklat dijualnya, karena pada saat momen Valentine, dapat dipastikan usahanya sudah “banjir” pesanan coklat, khususnya bernuansa merah jambu berbentuk hati. Beberapa inovasi pun dilakukan, seperti membuat coklat berbentuk karakter kartun, di antaranya Hello Kitty, Teddy Bear, dan Spongebob. Uniknya lagi, coklat tersebut diisi dengan kacang caramel, strawberry, blueberry, oreo, dan lain-lain sebagai pelengkap untuk memberikan rasa yang lebih nikmat.
Senada, pada momen yang jatuh setiap 14 Februari tersebut, bukan hanya toko penjual aksesori, coklat, maupun kue yang panen keuntungan, namun juga outlet-outlet fashion turut berlomba-lomba menawarkan produk andalan. Pasalnya, bagi sepasang remaja, tampil sempurna di hari istimewa seperti Valentine, tentu menjadi kebanggaan.
Salah satu outlet yang menyediakan aneka kebutuhan Valentine adalah Matahari Department Store yang berada di bawah kepemilikan PT Matahari Putra Prima Tbk. Jaringan perusahaan ritel fashion ternama dan terbesar di Indonesia ini merupakan salah satu pilihan utama masyarakat Kota Makassar, saat ingin mencari pakaian yang sedang “trendy”.
Selain itu, pelaku usaha ritel seperti Toko Agung di Makassar yang juga tidak kehilangan “aura”. Jelang Valentine, apalagi sehari sebelum perayaan, pembeli sudah pasti menyemut menyesaki kompartemen suvenir.
Memang, apapun terkait Valentine, selalu membuahkan laba manis bagi para pelaku ritel.