08 February 2016

Ambil Untung dari Momen Valentine

BUSANA VALENTINE -  Model Aisyah Aqilah Azhar, saat diabadikan belum lama ini. Matahari Department Store Mal Ratu Indah (MaRI) melansir, produk yang paling banyak dicari jelang Valentine adalah pakaian dengan warna pink. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Keindahan Valentine bukan hanya dirasakan mereka yang sedang memadu kasih, tetapi juga para pengusaha. Momen tersebut dimanfaatkan untuk berjualan produk maupun layanan, dengan harapan akan mendatangkan omset besar.
Februari menjadi bulan istimewa karena adanya Valentine. Momen tersebut dikenal sebagai hari kasih sayang. Pada waktu itu, banyak orang menyempatkan diri menghabiskan waktu dengan orang terdekat, baik kekasih, istri, maupun keluarga, khususnya orang tua.
Keindahan tersebut bukan hanya dirasakan sepasang kekasih maupun sekelompok keluarga. Di luar itu, beberapa pengusaha ikut merasakan dengan mengambil untung dari berbagai produk maupun layanan yang dijual. Valentine dianggap sebagai waktu yang tepat untuk mengumpulkan rezeki, karena potensi pasarnya cukup besar.
Meskipun terbilang singkat, akan tetapi Valentine diyakini dapat menghasilan laba yang besar. Makanya, banyak jenis usaha memajang Valentine sebagai tema promosi produk dan layanannya. Seperti yang dilakukan Kalla Toyota yang mengusung tema “Toyota Jalan-Jalan Valentine” untuk materi promosinya bulan ini.
Marketing Manager Kalla Toyota, Aswan Amiruddin, menjelaskan, hanya mengirimkan tulisan berupa rencana menghabiskan waktu pada 14 Februari 2016 ke email digitalmarketing@kalla-toyota.co.id, pelanggan berkesempatan memiliki impian Valentine yang akan diwujudkan tim Kalla Toyota.
“Setiap harinya, peserta yang telah mengirimkan cerita rencana unik dan seru, akan mendapatkan hadiah berupa voucher belanja senilai total jutaan rupiah,” imbuhnya.
Bukan hanya itu, ada juga kuis menarik turut mewarnai Februari kali ini. Setiap Selasa akan ada kuis tebak gambar yang soalnya akan dirilis via media social Twitter dan Iinstagram dengan alamat @KallaToyotaID. “Di sini, setiap peserta yang berhasil menebak gambar dengan benar, akan mendapatkan hadiah menarik serta akan diumumkan pada Jumat lewat media yang sama,” seru Aswan.
Adult Colouring Contest juga semakin menceriakan kegiatan ini. Caranya cukup mengunduh gambar yang akan diwarnai pada website resmi Kalla Toyota, yakni kalla-toyota.co.id. “Setelah itu, dapat langsung diunggah kembali di akun media sosial dengan menautkan ke twitter dan instagram @KallaToyotaID. Peserta memiliki kesempatan mendapatkan dua tiket nonton Premiere untuk masing-masing pemenang,” tuturnya.
Melalui program promosi ini, Aswan berharap, dapat menjangkau pasar yang lebih luas, yaitu anak muda. Makanya, untuk memaksimalkan program ini Kalla Toyota menggandeng dua radio anak muda di Kota Makassar. Berdasarkan hasil survei, remaja paling banyak menghabiskan waktu luang di luar rumah dengan pergi ke mal atau pusat perbelanjaan. Kendaraan yang dipakai untuk beraktivitas tersebut diharapkan adalah Toyota.
Memberikan kado kepada orang yang terkasih, baik itu suami atau istri, orang tua, anak, maupun sahabat, sudah menjadi salah satu ritual yang terbilang wajib dilaksanakan bagi mereka yang merayakan Valentine. Peluang tersebut kemudian ditangkap para pelaku bisnis. Matahari Depatment Store misalnya, mulai menggaet konsumen dengan menjual aneka aksesoris Valentine pada H-10 momen tersebut.
Menurut Manager Promosi, Yudhi Saptono, produk yang paling banyak dicari adalah pakaian dengan warna pink. “Tahun ini, Matahari Department Store Mal Ratu Indah (MaRI) mengeluarkan banyak koleksi dari berbagai brand. Di antaranya, merek Most Panelli yang memberikan diskon 20 persen. Koleksinya antara lain blus dan celana pendek Rp 300 ribu-Rp 400 ribu, sert dress Rp 500 ribu-Rp 800 ribu,” ulasnya.
Selain itu, Matahari Department Store juga memberikan diskon 20 persen untuk semua produk kosmetik brand Eternelly. Mengangkat program promosi “Valentine’s Gift” jenis produk yang menjadi jagoan adalah bulu mata Rp 44 ribu, lipstik Rp 76 ribu, bedak Rp 57 ribu, parfum Rp 109 ribiu, dan lain-lain. Juga ada promosi beli satu gratis sati bagi pelanggan yang berbelanja minimal Rp 110 ribu.
“Rata-rata wanita yang merayakan hari kasih sayang menginginkan tampil cantik dan sempurna pada saat hari perayaan Valentine. Makanya, produk kosmetik termasuk yang paling banyak dicari saat Valentine. Penjualan biasa meningkat hingga hampir 100 persen,” imbuh Yudhi.

Makan Malam Romantis

Salah satu bentuk menyatakan kasih sayang kepada orang terdekat adalah dengan mengajaknya makan malam bersama. Tempat yang dipilih tentu memberi kesan romantis. Hotel-hotel berbintang di Makassar pun berlomba-lomba membuat paket makan malam yang unik. Itu diharapkan dapat menarik konsumen merayakan hari kasih sayang di tempatnya.
Hotel Novotel Makassar Grand Shayla City Centre menyiapkan paket makan malam romantis yang rencananya akan dilaksanakan di kolam renang Lt 2 pada 14 Februari nanti. Untuk dapat menikmati tawaran tersebut, hanya perlu merogoh kocek Rp 423.500 per pasangan. Paket ini sudah termasuk set menu, bunga, coklat, dan beberapa hiburan seperti band akustik.  
Senada, Hotel Aston Makassar mengemas promo Valentine-nya dengan tema “Passionate February”. Promo ini terdiri dari paket makan malam romantis dengan dua pilihan tempat berbeda, yakni di D’Lounge atau di pinggir kolam renang.
“Paket makan malam romantis ini kami banderol Rp 1.800.000, tamu sudah bisa merasakan romantisnya makan malam bersama sambil menikmati suasana pemandangan Kota Makassar dari ketinggian Lt 19,” jelas General Manager Aston Makassar Hotel, Joko Budi Jaya.
Sementara itu, bagi tamu yang ingin menikmati makan malam romantis di pinggir kolam renang, cukup membayar Rp 2 juta. “Harga tersebut sudah termasuk makan malam dengan empat set menu lezat dan tematik, seperti Avocado Prawn Salad, Duet Striploin and Scallop with red wine sauce, Grill beef Tenderloin with brown sauce, Soup Prawn Bisque with crouton, ditutup dengan spesial dessert Strawbery White Cheese Cake,” urainya.
Selain makan malam mewah dan romantis, setiap pasangan juga disuguhi mocktail gratis untuk dua orang, chocolate pralin, bunga, dan dekorasi romantis. Rangkaian program ini merupakan kreativitas pihaknya yang diharap dapat memberikan hiburan yang unik.

Nyatakan Cinta dengan Kado

Valentine dijadikan momen untuk memberikan kado kepada orang yang terkasih. Peluang tersebut kemudian ditangkap para pelaku bisnis aksesoris dan kado. Salah satu outlet yang ramai dikunjungi menjelang 14 Febaruri adalah Naughty Store Mal Panakukang (MP) Makassar.
Store Leader Naughty MP, Husniah, menjelaskan, saat hari kasih sayang tiba, produk yang banyak dibeli sebagai kado adalah boneka. “Di outlet kami cukup banyak pilihan boneka yang dapat diperoleh Rp 130 ribu-Rp 200 ribu,” ucapnya.
Selain itu, juga ada aneka perhiasan bertema Valentine, seperti cincin dan kalung yang bisa menjadi hadiah istimewa bagi pasangan.