15 February 2016

All New Honda CBR150R Hadir dengan Desain dan Performa Baru

ALL NEW HONDA CBR150R - All New Honda CBR150R hadir dengan evolusi performa dan desain agresif yang berorientasi pada kecepatan dengan garis aerodinamis tegas dan tajam. Ini juga diperkaya fitur racing yang sesungguhnya. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan sepeda motor model sport berperforma tinggi, All New Honda CBR150R dengan mesin terbaru. Model ini merupakan inti dari sepeda motor sport sejati, chassis terbaru yang ringan, serta desain agresif yang menghadirkan sensasi berkendara sejak pandangan pertama. Perubahan di setiap bagian sepeda motor sport Honda ini untuk satu tujuan, memberikan kendali penuh yang menyenangkan sesuai keinginan pengendara.
 All New Honda CBR150R hadir dengan evolusi performa dan desain agresif yang berorientasi pada kecepatan dengan garis aerodinamis tegas dan tajam. Ini juga diperkaya fitur racing yang sesungguhnya. Evolusi ini mampu menghadirkan sensasi balap berkat mesin baru yang bertenaga dengan banyak keunggulan dan inovasi chassis, sehingga memberikan keseimbangan optimal. Penyematan fitur baru dan posisi berkendara layaknya pebalap sejati ini, menyuguhkan imajinasi balap pengendara.
President Director AHM, Toshiyuki Inuma, mengatakan, berbekal berbagai pengalaman kompetisi balap dunia, Honda percaya sepeda motor sport yang sesungguhnya harus mampu memberikan kesempurnaan berkendara dari setiap kendali pengendara, baik saat berada di lintasan balap maupun di jalan. Honda memiliki konsep Total Control, yang menjadi dasar penyempurnaan yang dilakukan pada setiap bagian sepeda motor sport full fairing terbaru Honda ini.
 “All New Honda CBR150R hadir dengan mesin generasi terbaru 150 cc DOHC, dilengkapi chassis yang lebih ringan dan massa diarahkan ke titik pusat yang lebih baik. Seluruh perubahan ini, menghadirkan total kendali yang menyenangkan sesuai keinginan pengendara di segala lintasan balap maupun di jalan. Styling agresif baru ini, bahkan bisa melahirkan imajinasi sensasi berkendara saat pertama kali melihat motor ini, walau belum duduk di kursi pengendara,”
 Sisi depan All New Honda CBR150R tampil lebih rendah dan ramping sehingga memberikan pandangan lebih bebas bagi pengendara dan merasa lebih dekat dengan jalanan. Desain tampilan kokpit hadir dengan panel meter yang lebih ramping dilengkapi dengan indikator digital yang mudah dilihat dan Aeroplane Fuel Cap semakin mempertegas karakter racingyang agresif. Keseluruhan pengembangan ini tidak hanya untuk tampilan yang lebih baik, namun juga membuatnya lebih mudah dipakai bermanuver karena bobot yang lebih ringan dan massa diarahkan ke titik pusat.
All New Honda CBR150R mampu bereaksi sesuai gerakan pengendara dengan menggunakan Truss Diamond Frame dan penyematan Alumunium Engine Hanger baru yang mengoptimalkan keseimbangan kekuatan dan fleksibilitas. Model ini tampil dengan karakter lebih sporti dengan seat rail dan pivot plate yang dirancang khusus. Bodi lebih compact  berkat rear cowl yang lebih pendek namun swing-arm dan wheelbase yang lebih panjang didukung suspensi Pro-Link untuk memberikan stabilitas di segala kecepatan dan kondisi jalan. Posisi setang kemudi lebih menekuk sehingga berkendara semakin racing dan lincah. Keseluruhan ini untuk menghadirkan handling sempurna dan stabil di segala kondisi jalan.
 All New Honda CBR150R mampu melesat optimal di jalan maupun sirkuit dengan mengusung mesin 150cc, DOHC, 4-valve 6-speed, berpendingin cairan (liquid-cooled).  Performa yang dihasilkan semakin tinggi dengan menghasilkan tenaga 12,6 kW (17,1 PS) di 9.000 rpm dan torsi 13,7 Nm (1,40 kgf.m) per 7.000 rpm. 
All New Honda CBR150R dilengkapi dengan generasi terbaru mesin DOHC-6 kecepatan yang menghasilkan torsi besar di tarikan awal sampai menengah untuk memberikan kontrol power yang lebih baik.  Setting khusus untuk di putaran tinggi agar berkendara makin agresif, engine mount dengan sudut 40 derajat, memperbesar diameter throttle body untuk efisiensi intake serta rasio kompresi 11,3.
Keseluruhan perubahan ini mampu memberikan tenaga berlimpah sejak akselerasi awal sampai puncak dengan rentang performa yang sangat panjang. Model ini juga dilengkapi teknologi minim gesekan untuk efisiensi bahan bakar lebih baik dan meningkatkan performa mesin. Hasilnya, rider mampu mendapatkan tenaga yang diinginkankan dengan kendali penuh.
Model sport Honda ini tetap hemat bahan bakar dengan konsumsi mencapai 39,72 kilometer per liter, dengan metode pengetesan EURO 3 yang dilakukan perusahaan berdasarkan metode ECE R40. Hal ini diperoleh berkat aplikasi teknologi minim gesekan, yang meminimalkan pemakaian bahan bakar namun tetap bertenaga.

Livery Motor Balap

Karakter balap yang kuat pada All New Honda CBR150R, semakin terlihat menyusul keputusan AHM mengaplikasikan warna livery motor balap yang telah mencetak prestasi luar biasa di berbagai ajang balap internasional.
AHM memberikan pilihan warna khusus, yaitu warna livery Honda Racing Red yang terinspirasi dari warna corporate image Honda, melambangkan semangat anak bangsa yang tergabung dalam Astra Honda Racing Team (AHRT) dan livery MotoGP edition yang terinspirasi dari motor balap Honda di MotoGP.
Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman, mengatakan, selain menyematkan warna livery motor balap Honda di MotoGP, AHM pun turut menghadirkan livery motor balap yang akan disematkan di semua motor pebalap (AHRT) sebagai tim balap pabrikan.
Kami berharap, pilihan livery terbaru yang membanggakan pada model ini dapat menginspirasi pecinta sepeda motor sport Tanah Air untuk meraih prestasi setinggi-tingginya, seperti para pebalap Honda yang berjuang meraih mimpi di kancah balap internasional ditemani semangat One Heart atau Satu Hati,” ungkapnya.
Dijelaskan, All New Honda CBR150R memiliki empat pilihan, yaitu Revolution White dan Nitro Black dipasarkan on the road (OTR) Jakarta Rp 32.500.000, dan pilihan warna livery Honda Racing Red dipasarkan OTR Jakarta Rp 33.100.000. Sementara MotoGP Edition dipasarkan OTR Jakarta Rp 33.300.000. Model baru ini mulai di distribusikan AHM pada Maret tahun ini, dengan target penjualan sebesar tujuh ribu unit per bulan.
Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pasar sepeda motor sport nasional pada Januari-Desember 2015, tercatat 744.190 unit. Jajaran sepeda motor sport Honda meraih pangsa pasar 34,6 persen, dengan total penjualan 257.192 unit. Pada periode ini, Honda CBR150R tumbuh signifikan hingga 241 persen dari 20.355 unit pada 2014 menjadi 69.420 unit pada 2015,” papar Johannes.
Menurutnya, generasi pendahulu Honda CBR150R, terus diminati konsumen Indonesia di segmen sepeda motor sport Honda CBR150R. Sejak diluncurkan 2011, sepeda motor sport 150 cc full fairing dengan karakter balap yang kuat ini, mampu menjadi motor impian pecinta sepeda motor sport berkarakter balap dengan total penjualan 135.139 unit.
 Selain memberikan kebanggaan berkendara dengan All New Honda CBR150R melalui evolusi agresif pada desain bodi dan performa tingginya, AHM menyempurnakan kebanggaan berkendara tersebut dengan memperluas pilihan parts aksesori yang atraktif sesuai karakter dan personifikasi pengendaranya. Honda Genuine Accessories (HGA) didesain khusus untuk All New Honda CBR150R sebanyak 10 item aksesori dapat diperoleh di seluruh jaringan dealer Honda,” imbuh Johannes.
Bagi konsumen yang menginginkan pilihan yang lebih beragam, AHM juga menyediakan delapan item parts customized dari merek independen. Ini dijual di main dealer dan beberapa dealer Honda yang ditunjuk, yang tersebar pada 135 area di seluruh Indonesia.
Selain itu, sebut Johannes, AHM juga bekerja sama beberapa supplier komponen di aftermarket dengan menghadirkan 15 item parts customized yang dapat dibeli langsung di toko aksesori atau bengkel modifikasi. Ini menunjukkan dukungan AHM untuk memberi kemudahan pecinta All New Honda CBR150R melakukan perubahan tampilan sesuai karakter pengendara.
Ditambahkan, AHM juga menyuguhkan pilihan baru yang lengkap untuk safety riding gear dan apparel khusus pecinta balap dan sepeda motor sport di Indonesia. Ini  terinspirasi dari warna baru Honda Racing Red yang disematkan pada sepeda motor balap Astra Honda Racing Team dan juga pada model All New Honda CBR150R.
“Kami berharap, keseluruhan persembahan AHM ini dapat menjadikan All New Honda CBR150R sebagai sahabat sejati pecinta sepeda motor sport Indonesia yang siap menemani aktivitas mereka dalam mencapai mimpi,” tutup Johannes.