10 January 2016

XL Dorong UKM Manfaatkan Internet Cepat dan Teknologi Digital

DIGIBIZ - Presiden Direktur XL, Dian Siswarini (dua dari kanan), saat meluncurkan platform “Digibiz” yang mengakomodir digitalisasi bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). XL memutuskan untuk ikut aktif mendukung pengembangan kalangan UKM melalui penyediaan layanan 4G LTE dan platform digital khusus bagi UKM. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Usaha kecil dan menengah (UKM) telah diakui eksistensi dan kontribusinya sebagai penopang perekonomian negara. Oleh karena itu, PT XL Axiata Tbk (XL) memutuskan untuk ikut aktif mendukung pengembangan kalangan UKM melalui penyediaan layanan 4G LTE dan platform digital khusus bagi UKM.
XL yakin, keberadaan internet cepat akan mampu mendorong produktivitas pelaku bisnis skala kecil dan menengah untuk bisa lebih mengembangkan usahanya.
Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, mengatakan, tingkat penetrasi internet pada masyarakat Indonesia semakin luas. Ini berarti semakin banyak konsumen yang mencari referensi belanja melalui internet dan layanan digital.
“Karena itu, sudah saatnya pelaku UKM untuk tidak ragu lagi memanfaatkan jaringan internet dan teknologi digital guna meningkatkan produktivitas. Apalagi, saat ini sudah tersedia layanan 4G LTE yang memungkinkan akses lebih cepat dan stabil untuk koneksi internet,” terangnya belum lama ini.
Ditambahkan, dengan memanfaatkan jaringan internet dan teknologi digital, pelaku UKM bisa meningkatkan daya saingnya, bahkan dalam menghadapi perusahaan bermodal besar. Pasalnya, internet memungkinkan pelaku UKM bisa mengatasi keterbatasan cakupan wilayah pemasaran dan promosi. Melalui media internet, pengusaha UKM di satu kota kecil bisa mengenalkan produk dan memasarkannya ke wilayah yang tanpa internet mustahil bisa dilakukan.
“Ini adalah bentuk dukungan pada program pemerintah dalam mengembangkan UKM, sekaligus membantu pelaku UKM sendiri untuk bisa segera memanfaatkan internet dan teknologi digital,” paparnya.
Dian menerangkan, XL juga telah menyiapkan suatu layanan khusus bernama “Digibiz”. Layanan ini merupakan platform yang bersifat solusi digital yang sangat mudah diterapkan, bahkan hanya dengan telepon seluler sudah bisa dijalankan. “Kami cukup serius mengembangkan program ini, ditandai dengan investasi sekitar Rp 500 miliar untuk tiga tahun ke depan guna mengembangkannya lebih lanjut,” bebernya.
Sebelumnya, totalitas XL dalam menghadirkan layanan 4G LTE, tidak berhenti hanya ketika komersialisasi layanan ini sudah berlangsung dan pelanggan sudah bisa menikmatinya. XL bahkan sudah merencanakan untuk bisa meningkatkan kualitas layanan internet super cepat ini pada tahap selanjutnya setelah memperluas layanan ini.
Untuk memastikan layanan benar-benar super cepat, XL tidak ragu melakukan uji coba teknologi terbaru. Salah satunya mengimplementasikan LTE-Advanced LAA (License Assisted Access) dengan bekerja sama perusahaan penyedia teknologi jaringan asal Swedia.
Chief Service Management Officer XL, Yessie D Yosetya, mengatakan, pihaknya ingin memastikan layanan internet super cepat tersebut benar-benar super cepat dan stabil. Dengan demikian, layanan itu akan bisa menjadi sarana bagi akses ke berbagai jenis layanan data secara prima, terutama layanan video dengan kapasitas besar.
“Proyeksi kami, pada perkembangan selanjutnya, akses ke layanan video akan semakin meningkat. Akhirnya, semua sama-sama sepakat semakin baik kualitas layanan 4G, akan menghadirkan bukan saja kepuasan, namun juga manfaat yang juga maksimal. Semua ini kami lakukan agar pelanggan benar-benar mendapatkan manfaat sesuai yang diharapkan dari layanan XL 4G LTE,” alasannya.
Ditambahkan,  dalam uji coba dan testing ini, pihaknya mempersiapkan sebaik mungkin teknologi dari berbagai aspek, baik teknis, regulasi, terminal, aplikasi, serta layanan untuk pelanggan.
“XL mendalami seluruh aspek untuk persiapan adopsi teknologi terbaru ini di Indonesia. Estimasinya, pada pertengahan 2016, teknologi ini sudah bisa realisasikan. Untuk mengimplementasikan teknologi ini, XL juga menunggu izin dari pemerintah,” tutup Yessie.