30 January 2016

Wisata Pantai di Lombok

PANTAI SENGGIGI - Pantai yang sangat terkenal di Lombok adalah Senggigi. Berlokasi di bagian barat Pulau Lombok, Pantai Senggigi mempunyai suasana yang mirip Pantai Kuta di Bali, namun mempunyai ombak yang lebih tenang. Pantai ini menjelma menjadi salah satu tempat menarik di Lombok dengan pemandangan garis pantainya yang panjang, terlihat indah bila dipandang dari kejauhan dan ketinggian. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Pantai bisa dikatakan tempat yang paling tepat untuk berlibur, menghabiskan waktu ceria bersama teman-teman maupun keluarga tercinta. Tidak perlu jauh keluar negeri, karena Pulau Lombok memiliki banyak pantai yang indah.
Salah satu pulau di Indonesia yang terkenal akan wisata pantainya adalah Pulau Lombok. Memiliki luas 5.435 kilometer persegi, pulau ini kurang lebih berbentuk bulat serupa “ekor” di sisi barat daya, panjangnya kurang lebih 70 kilometer. Dalam banyak hal, Lombok mirip Bali. Beberapa tahun lalu, penulis berkesempatan melihat langsung pesona pantai yang ada di Lombok.  
Pantai yang sangat terkenal di Lombok adalah Senggigi. Berlokasi di bagian barat Pulau Lombok, Pantai Senggigi mempunyai suasana yang mirip Pantai Kuta di Bali, namun mempunyai ombak yang lebih tenang. Pantai ini menjelma menjadi salah satu tempat menarik di Lombok dengan pemandangan garis pantainya yang panjang, terlihat indah bila dipandang dari kejauhan dan ketinggian.
Dengan garis pantai yang panjang tersebut, Pantai Senggigi menyuguhkan gradasi warna pasir pantai dari hitam ke putih. Air lautnya memiliki ombak yang tidak besar, jernih, dan bersih. Turis-turis yang datang ke pantai ini lebih senang menghabiskan waktunya dengan berjemur, berenang, snorkeling, atau sekadar bermain-main di tepian pantai.
Air laut Pantai Senggigi begitu jernih dan bersih, bahkan traveler dapat melihat langsung kawanan ikan yang berenang dengan bebasnya di laut Senggigi. Kehidupan terumbu karang di Pantai Senggigi masih terpelihara hingga sekarang. Hal ini menjadikannya sebagai tujuan snorkeling yang diminati banyak orang. Apalagi ditunjang air laut Senggigi yang tidak berombak keras, sehingga tidak perlu khawatir akan terbawa arus laut saat snorkeling.
Perjalanan ke Pantai Senggigi Lombok dapat ditempuh dari Mataram, memakan waktu sekitar 30-50 menit. Wisatawan dapat naik taksi, angkutan umum, atau menyewa motor untuk dapat tiba di Pantai Senggigi. Jika ingin menggunakan angkutan umum dari Mataram, maka harus mengambil angkutan jurusan Sweta-Ampenan. Setelah tiba, harus naik angkutan lagi jurusan Ampenan-Senggigi.
Tiba di kawasan Senggigi, tinggal berjalan kaki selama tiga menit untuk dapat tiba di pantai tersebut. Sambil berjalan kaki, bakal banyak dijumpai warung dan toko makanan, penjual aneka suvenir, dan lain-lain.
Saat mendengar kata Pantai Kuta, kebanyakan orang langsung memilirkan Bali. Jangan salah, di Pulau Lombok juga ada Pantai Kuta. Pantai ini berada di Desa Kuta, Lombok Tengah, sekitar 56 kilometer dari Mataram. Walaupun sama-sama berpasir putih, pasir di pantai ini lebih halus.
Pantai tersebut memiliki garis pantai sepanjang 7,2 kilometer. Di sebelah barat pantai, terdapat bukit bernama Bukit Mandalika. Nama ini diambil dari cerita kuno masyarakat setempat, tentang seorang putri bernama Mandalika. Putri Mandalika akhirnya melompat ke laut dari bukit ini, karena menghindari kejaran seorang pangeran yang hendak mempersuntingnya. Bukit ini menjadi tempat yang paling tepat untuk menikmati pemandangan Kuta dari ketinggian.
Yang ingin ke Kuta Lombok dari Mataram, disarankan agar menyewa mobil atau bergabung dengan paket tour. Pasalnya, angkutan umum sangat jarang dan relatif mahal, hanya beroperasi sampai pukul 15.00 Wita. Jika terlambat, maka terpaksa  harus menginap atau menyewa taksi yang harganya relatif mahal.
Pantai Kuta Lombok salah stau yang terindah di Indonesia. Pasir putihnya terbentang di pantai yang berhadapan dengan Samudera Hindia. Air lautnya masih tampak bersih dan jernih. Di pantai ini wisatawan bis berenang, atau menikmati sejumlah olahraga air, seperti banana boat, windsurfer atau jetsky. Terdapat juga deretan bukit-bukit yang menjorok ke laut.

Pasir Merica Tanjung Aan

Salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi saat ke Lombok adalah Pantai Tanjung Aan, tempat asal Sang Puteri Mandalika. Pantai ini langsung berhadapan Samudera Hindia, dan memiliki garis pantai sepanjang dua kilometer. Satu hal yang berbeda saat kaki traveler menginjak Pantai Tanjung Aan adalah pasirnya. Tak seperti Pantai Lombok lainnya, pasir Pantai Tanjung Aan berbentuk bulat seperti merica.
Pantai Tanjung Aan sangat tepat bagi yang gemar snorkling dan berenang, karena ombaknya yang cukup tenang dengan kedalaman relatif dangkal. Jika lupa membawa peralatan, tersedia penyewaan alat snorkling di tepi pantai. Menjelang sore permukaan air laut akan mulai naik, menjadikan Pantai Tanjung Aan ini tempat yang tepat untuk berselancar.
Pantai Tanjung Aan di Pulau Lombok terletak sekitar 75 kilometer dari Mataram, atau sekitar tiga kilometer dari Pantai Kuta Lombok. Jika menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan dapat ditempuh sekitar 1,5 jam. Dengan rute Mataram, Cakranegara, Kediri, Praya, Batunyale, Sengkol, Rambitan, Sade, Kuta, dan Tanjung Aan.
Keunikan Pantai Tanjung Aan terdapat pada jenis pasir pantainya yang berbeda. Sekilas warna pasir tersebut sama-sama putih, namun jika diperhatikan lebih saksama warnanya agak kekuningan. Setelah menginjakkan kaki, akan terasa perbedaan yang mencolok. Butiran pasir putih kekuningan tersebut memiliki ukuran sebesar biji merica. Keunkan ini membuatnya sebagai pantai merica dan pantai tepung.

Tiga Pulau Gili yang Eksotis

Gili merupakan pulau-pulau kecil yang indah, terletak di lepas barat laut Pulau Lombok. Dari sekian banyak pulau, ada tiga pulau yang ramai dikunjungi wisatawan, yakni Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Ketiganya memiliki pemandangan yang sangat indah, dengan pantai yang putih bersih dan air lautnya sangat jernih.
Waktu tempuh menuju ketiga Pulau Gili ini sekitar 30 menit, tergantung kondisi ombak. Saat turing, wisatawan disuguhkan panorama alam yang memukau. Air laut yang jenih dan cantik berwarna biru tua, biru muda, dan hijau. Pulau yang paling besar dari ketiga Gili adalah Gili Trawangan.