07 January 2016

Penampakan Generasi Baru Fortuner, Bikin Geregetan Pecinta Toyota

TOYOTA ALL NEW FORTUNER - Kendaraan roda empat yang menyasar kelas menengah atas, apalagi yang sudah memiliki brand yang tergolong “luxury” seperti Toyota, selalu menjadi topik hangat pecinta otomotif. Tidak berhenti berinovasi, produsen mobil asal Jepang ini kembali meluncurkan Toyota All New Fortuner. BLOGKATAHATIKU/EFFENDY W
BLOGKATAHATIKU - Kendaraan roda empat yang menyasar kelas menengah atas, apalagi yang sudah memiliki brand  tergolong “luxury” seperti Toyota, selalu menjadi topik hangat pecinta otomotif. Tidak berhenti berinovasi, produsen mobil asal Jepang ini kembali meluncurkan Toyota All New Fortuner.
Sebelumnya, mobil yang tergolong premium ini lebih dulu diluncurkan di Negeri Gajah Putih, Thailand pada 2015 lalu. Negara lain yang sedang menunggu jadwal peluncuran sport utility vehicle (SUV) menengah itu, selain Indonesia adalah Malaysia.
Fortuner generasi terbaru tersebut, rencananya akan diluncurkan pada 22 Januari 2016, sementara di Malaysia belum diketahui kepastian tanggalnya, tetapi diproyeksi tidak jauh berbeda dengan Indonesia.
Kendati demikian, “sosok” All New Fortuner lebih dulu tertangkap kamera pada sebuah jalan di Malaysia. Seorang warga Malaysia berhasil melihat “penampakan” All New Fortuner tengah diangkut truk pengangkut mobil di jalan umum. Seperti dilansir laman Indianautosblog dari Paultan, Kamis (7/1), meski masih ditutupi kain akan tetapi diyakini itu adalah Fortuner model terbaru.
Di antara beberapa model Toyota di truk pengangkut tersebut, hanya All New Fortuner yang ditutup kain. Belum ada informasi lagi mengenai peluncuran, tetapi dipastikan jadwal peluncuran Fortuner terbaru di Malaysia semakin dekat.
Di Tanah Air, hingga saat ini All New Fortuner sudah dipajang PT Toyota Astra Motor dalam situs resminya. Biasanya, beberapa hari menjelang peluncuran mobil sudah terlihat lalu-lalang di jalanan umum.
Belum lama ini, dari berbagai sumber, berita terkait Fortuner teranyar ini “bocor” melalui brosur yang mulai tersebar di internet. Lewat bocoran brosur itu, bisa diketahui beberapa hal termasuk fitur baru, desain, sampai spesifikasi lengkap tentang All New Fortuner yang bakal dipasarkan di Indonesia mulai pertengahan Januari 2016.
Ada enam gambar yang menjelaskan masing-masing bagian dalam All New Fortuner. Uniknya, SUV medium Toyota ini mengusung warna baru, antara lain phantom brown metalic dan avant garde bronze.
Untuk pilihan mesinnya, dari brosur yang bocor itu membeberkan terdapat dua jenis yakni bensin 2TR-FE 2.7L dan diesel 2GD-FTV 2.4L. Selain itu, ada enam tipe yang disematkan pada jenis mobil ini, di antaranya bensin 2.7 G SRZ  A/T, Diesel 2.4L G M/T, Diesel 2.4L G A/T, Diesel 2.4L G A/T VRZ, Diesel 2.4L A/T 4X4, dan Diesel 2.4L A/T 4X4 VRZ.
Sebelumnya, All New Fortuner lebih dulu resmi mengaspal di Thailand pada Kamis (16/7/2015). All New Toyota Fortuner generasi kedua tersebut mengalami tidak sedikit perubahan. Sentuhan mutakhir merambah ke seluruhnya bagian, meliputi bodi, feature, mesin, transmisi, dan suspensi.
Perubahan besar yang lakukan mobil terbaru Fortuner lebih mahal sekitar Rp 35 juta ketimbang keluaran lawasnya. Adapun varian teratas diperkirakan bakal dibanderol Rp 624,2 juta. Namun ada kemungkinan harga tersebut dapat berubah, pasalnya mobil Toyota Thailand belum menjual All New Fortuner tipe TRD.
Sejauh ini, All New Fortuner diproduksi di Thailand yang memiliki jatah “kuota” ekspor. Sepanjang siklus penjualan, komunitas SUV medium ini sudah mencapai 220 ribu unit di dunia. Dari bocoran, Toyota Motor Thailand menargetkan Fortuner terbaru ini dapat terjual hingga 2.600 unit per bulan untuk pasar domestik. Sebelumnya, harga Fortuner dan All New Fortuner pada 2016 di Thailand dibanderol Rp 432,9 juta-Rp 606,7 juta.