29 January 2016

Maybank Proyeksi Pertumbuhan Kredit 12 Persen

MAYBANK - PT Bank Maybank Indonesia (Maybank) menargetkan pertumbuhan kredit tahun ini berada di kisaran 11 persen hingga 12 persen, atau tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - PT Bank Maybank Indonesia (Maybank) menargetkan pertumbuhan kredit tahun ini berada di kisaran 11 persen hingga 12 persen, atau tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Hal tersebut diungkapkan Presiden Direktur PT Bank Maybank Indonesia, Taswin Zakaria dalam keterangan tertulisnya belum lama ini kepada sejumlah media di Tanah Air.
Menurutnya, proyeksi pertumbuhan industri perbankan yang belum sepenuhnya membaik di 2016, turut mempengaruhi pertumbuhan kredit perseroan. “Dari sisi pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) dan laba, perseroan menargetkan angka rasional yang tidak akan jauh dari pertumbuhan 2015 lalu.
Meskipun Taswin enggan menyebut angka pasti dari target yang dipatok pihaknya, namun ia membeberkan beberapa pencapaian yang telah diraih Maybank. “Seperti diketahui, pada kuartal ketiga 2015, laba bersih kami tercatat Rp 592 miliar. Nilai ini naik 70,7 persen dari periode sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 347 miliar. Menanjaknya laba bersih itu, merupakan kontribusi dan kinerja keuangan perseroan yang positif. Tercatat, pendapatan bunga bersih korporasi meningkat 10,5 persen dari Rp 4,3 triliun menjadi Rp 4,8 triliun,” bebernya.
Sementara, pendapatan operasional lain (fee based income) juga tercatat meningkat 12,4 persen dari Rp 1,4 triliun menjadi Rp 1,6 triliun. Peningkatan fee based income tersebut didukung dari advisory activities, asuransi, dan transaksi valuta asing.
Perseroan juga mencatat pertumbuhan kredit 6,6 persen dari Rp 104,6 triliun menjadi Rp 111,5 triliun. “Simpanan dari nasabah perseroan juga menunjukkan pertumbuhan 6,8 persen dari Rp 103,6 triliun menjadi Rp 110,6 triliun. Adapun aset tercatat tumbuh 6,5 persen menjadi Rp 153,9 triliun,” imbuh Taswin.