05 January 2016

Hino Perlihatkan Ketangguhan Truknya di Reli Dakar 2016

TIM HINO - Hino kembali memperlihatkan keandalan serta ketangguhan truknya dalam “Reli Dakar 2016” yang dimulai 3-16 Januari 2016. Tim Hino berpartisipasi mengikuti kompetisi yang melintasi Argentina, Peru, dan Bolivia dengan jarak tempuh 10 ribu kilometer. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKUHino kembali memperlihatkan keandalan serta ketangguhan truknya dalam “Reli Dakar 2016” yang dimulai 3-16 Januari 2016. Tim Hino berpartisipasi mengikuti kompetisi yang melintasi Argentina, Peru, dan Bolivia dengan jarak tempuh 10 ribu kilometer.
Lomba tahun ini, Hino menggunakan kendaraan Hino 500 Series yang didukung mesin A09C-TI (with turbo intercooler), mampu menghasilkan tenaga 630 ps per 2.200 RPM. Hino mengirimkan dua tim pada Reli Dakar 2016 ini. Tim pertama dipimpin pebalap profesional dan berpengalaman, Yoshimasa Sugawara yang telah ambil bagian selama 32 tahun berturut-turut, serta Teruhito Sugawara yang merupakan anak Yoshimasa Sugawara, yang memimpin kendaraan tim Hino Dakar Reli lainnya.
Anggota tim termasuk mekanik yang dipilih dari berbagai dealer Hino seluruh dunia dan navigator yang andal terlatih, yang mendukung tim Hino yang dipimpin Sugawara untuk menjadi juara.
Rute yang dilampaui pada hari pembukaan ini melewati Rosario dan Villa Carlos Paz dengan jarak tempuh sekitar 258 kilometer. Sayangnya, turun hujan lebat yang menyebabkan banjir di beberapa bagian area yang dilintasi dalam balapan. Ini membuat kondisi balapan semakin sulit. Tidak itu saja, Bandara Cordoba yang merupakan lokasi terdekat dari arena lomba ikut ditutup, sehingga seluruh penerbangan saat itu ditunda sampai cuaca membaik. Akhirnya, pada pukul 10.00 waktu setempat,  panitia lomba memutuskan untuk menunda pertandingan.
Pada hari berikutnya, rute yang akan dilalui menempuh jarak 510 kilometer menuju ke bagian utara Termas de Rio Hondo. Meskipun cuaca sedikit buruk untuk memulai pertandingan dan tidak memungkinkan, akan tetapi tim Hino Sugawara tetap fokus. Para mekanik juga tetap memastikan kendaraan dalam kondisi siap bertanding.
“Hujan lebat sangat luar biasa hari ini, sehingga kemungkinan wiper tidak cukup berpengaruh. Saya rasa, sangat jarang terjadi penundaan dalam pertandingan Reli Dakar. Saya harap pertandingan ini bisa dilanjutkan esok hari,” ujar Yoshimasa.
Sementara itu, Teruhito menambahkan, tidak ada yang dapat melalui lintasan dengan cuaca seperti ini lantaran kondisi area Reli Dakar basah dan sangat licin. “Kondisi tanah bisa sangat berbahaya, dan sekarang saya fokus untuk balapan esok hari,” bebernya.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, PT Hino Motors Sales Indonesia turut mendukung tim Hino Sugawara untuk bertanding dalam ajang Reli Dakar, dan optimis tim tersebut dapat meraih hasil terbaik.
Sekadar diketahui, Hino menjuarai kategori “In The Under 10-Litre Class” selama enam tahun berturut-turut dari 2010-2015. Pada 1997, Hino menjadi juara umum dalam kategori truk serta meraih posisi dua dan tiga. Sementara, pada 1991 silam Hino menjadi perusahaan truk asal Jepang yang pertama kali ikut Reli Dakar.