30 January 2016

Berharap Hoki di Tahun Baru Imlek 2567

PROMO IMLEK - Menyambut Imlek 2567 tahun ini, hampir semua hotel merayakan dengan menggelar beberapa promo. Salah satunya, Swiss-Belinn Panakkukang Makassar yang menghadirkan promo Chinese New Year Dinner bertajuk Prosperous Dinner. Kegiatan ini diadakan 7 Februari 2016, pukul 18.00 Wita sampai selesai. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Momentum tahun baru Imlek dimanfaatkan banyak pelaku bisnis untuk mendongkrak penjualan. Itu bisa dicapai dengan menyiapkan berbagai program promosi. Seperti halnya hotel-hotel di Makassar, yang optimis dapat mendongkrak okupansi di masa low season saat ini. 
Menjelang perayaan Imlek 2567 pada 8 Februari, pelaku bisnis perhotelan berharap dapat menggenjot okupansi. Apalagi, tahun ini hari raya etnik Tionghoa ini jatuh pada long weekend. Ini diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat, khususnya yang berasal dari luar kota untuk berlibur di Makassar.
Pada awal tahun, khususnya Januari hingga Maret, merupakan masa low season bagi dunia pariwisata dan perhotelan, sehingga tingkat hunian rata-rata hanya mencapai 40 persen. Namun, mendekati hari raya Imlek, pelaku bisnis hotel berharap hunian bisa naik 80 persen hingga 100 persen.
Momentum Imlek dimanfaatkan pihak perhotelan untuk meningkatkan kunjungan tamu, terutama tamu domestik yang biasanya bepergian menikmati masa libur bersama keluarga. Banyak hotel di Makassar yang menawarkan paket atau menu khusus Imlek.
Seperti yang dilakukan Hotel Makassar, yang mengemas kegiatan Imlek dalam program “Aston Lunar Catering”. “Apa yang dilakukan manajemen hotel, dapat memberikan kemudahan dan sajian kuliner yang berkualitas di malam perayaan Imlek,” harap Marketing Communication Aston Makassar, Tri Hastuti Chaisari saat ditemui belum lama ini di sela peluncuran program Imlek.
Menurutnya, manajemen menghadirkan tiga pilihan paket dengan berbagai menu spesial lengkap, mulai hidangan pembuka hingga penutup. “Kami juga menawarkan jasa antar makanan. Paket ini dibanderol Rp 3.500.000 per 10 person, dapat dinikmati 7-8 Februari. Tidak hanya itu, kami juga menghadirkan suasana Chinese New Year di sekitar lobi hotel. Semua karyawan akan menggunakan kostum Tionghoa, serta ada pohon angpau dipasang sebagai interior lobi,” paparnya.
Bagi yang ingin menginap, Aston Makassar menghadirkan manajemen menawarkan “Lunar Stay”. “Ini merupakan paket menginap dengan harga yang sangat spesial. Hanya Rp 588 ribu per kamar semalam. Ini sudah termasuk makan pagi untuk dua orang di Olympus Resto, ditambah keuntungan lain seperti gratis angpau dan banyak voucher diskon di beberapa outlet Aston Makassar,” beber Tri Hastuti.
Melalui momentum Imlek ini, ia berharap dapat ikut mendongkrak okupansi hotel pada musim low season. Khusus untuk perayaan Imlek, pihaknya menargetkan penjualan mencapai 50 persen, khusus untuk segmen di luar corporate.
Masih berada di bawah bendera yang sama, Archipelago International, Favehotel Daeng Tompo yang berlokasi di kawasan Pantai Losari ikut menawarkan paket kamar “Pay 2 Get 3 Nights Stay”.
“Hanya dengan membayar Rp 1.100.000 untuk dua malam di kamar Superior, tamu dapat menginap tiga malam, termasuk sarapan dan berenang, plus paket hadiah dari sponsor pada saat check-in,” terang Sales and Marketing Manager Favehotel Daeng Tompo, Nuryanti Hendra.
Selain itu, manajemen juga memberikan kesempatan kepada tamu yang check-in pada 8 Februari untuk “memetik” angpau di pohon angpau. “Isinya adalah berbagai hadiah menarik, seperti voucher menginap gratis, voucher berenang, dan gratis upgrade kamar satu level di atas pemesanan, serta berbagai hadiah menarik lainnya,” paparnya.
Ditambahkan, periode menginap 5-10 Februari, tamu bebas memilih sesuai tanggal yang dikehendaki. “Untuk pemesanan, hanya bisa satu hari. Namun, kami un tetap memberikan harga spesial yang berlaku selama periode tersebut. Target kami bisa menggaet tamu sebanyak mungkin,” urai Nuryanti.
Dijelaskan, target pasar yang dibidik adalah warga Sulsel yang berada di luar kota dan mudik ke Makassar. “Juga warga Makassar yang ingin berlibur, tetapi tidak berlibur keluar kota. Pilihan utama mereka pastinya adalah menginap dan bersenang-senang di hotel,” imbuhnya.
Bagi tamu yang tidak ingin berlama-lama menginap di hotel, sebut Nuryanti, bisa menginap semalam dan tetap dengan harga spesial. “Hanya membayar Rp 400 ribu, tamu sudah bisa menikmanti kenyamanan kamar hotel, sarapan, berenang, dan paket khusus dari sponsor,” tandasnya.

Paket Gathering Customer

Menyambut Imlek 2567 tahun ini, Swiss-Belinn Panakkukang Makassar menghadirkan promo Chinese New Year Dinner yang bertajuk Prosperous Dinner. Kegiatan ini diadakan 7 Februari 2016, pukul 18.00 Wita sampai selesai.
“Tamu yang mengikuti program, dapat menikmati makan malam menu spesial Imlek dengan dihibur atraksi barongsai dan alunan musik oriental,” jelas Public Relation Officer Swiss-Belinn Panakkukang, Catherine Dianti.
Menurutnya, manajemen menawarkan tiga pilihan paket makan malam, yakni Rp 388 ribu untuk dua orang, Rp 988 ribu untuk lima orang, dan Rp 1.888.000 untuk 10 orang. Dengan harga tersebut, tamu sudah dapat menikmati makan malam Chinese Set Menu di Swiss-Cafe, Chinese Tea, Kue Keranjang, dan Jeruk Mandarin.
Sementara itu, General Manager Swiss-Belinn Panakkukang Makassar, Herinova, menjelaskan, pihaknya berharap tamu loyal dapat ikut ambil bagian dalam acara. Meskipun tidak memasang target tingkat hunian pada momen Imlek kali ini, ia optimis paket dinner yang ditawarkan bisa habis terjual.
Senada, manajemen Hotel Grand Clarion Makassar juga menawarkan paket gathering. Marketing Communication Executive Grand Clarion, Anggraeni Puspita, menjelaskan, gathering dihelat 6-7 Februari di Sandeq Ballroom.
“Banyak acara yang kami siapkan, di antaranya traditional games, doorprize, nonton bareng, barongsai show, theatretical Kera Sakti, kids cooking class, dan masih banyak acara menarik lain,” bebernya.
Ditambahkan, paket tersebut ditujukan hanya untuk tamu yang mengambil paket menginap selama periode promo Imlek, “Imlek Carnaval”. Paket menginap yang dimaksud, yakni hanya membayar Rp 1,3 juta, dapat menginap selama tiga hari dua malam, periode 6-8 Februari 2016. Itu sudah termasuk sarapan untuk dua orang (dewasa) dan dua anak kecil di bawah lima tahun. “Melalui program ini, kami menargetkan okupansi bisa terdongkrak sampai 70 persen,” imbuhnya.

Diskon 30 Persen Kartu Kredit Bank Mega

Tidak mau kalah terhadap para pesaingnya, Hotel Best Western Plus Makassar Beach juga memberikan penawaran menarik menyambut momen Imlek. Program promosi yang ditawarkan adalah diskon 30 persen untuk semua jenis makanan.
“Penawaran spesial ini kami tujukan kepada seluruh tamu yang bertransaksi menggunakan kartu kredit Bank Mega. Program berlaku 25 Januari-29 Februari 2016,” terang Assistant Marketing Communication Manager, Azis.
Melalui program tersebut, 50 persen target penjualan akan diperoleh dari tamu yang menginap di hotel. Sementara, 30 persen berasal dari tamu yang datang hanya untuk makan sepanjang masa promo.