13 January 2016

Bank Indonesia Sulawesi Utara Canangkan Program 1.000 Pohon

PROGRAM 1.000 POHON - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulut, Peter Jacobs, saat diabadikan belum lama ini. Menurutnya, sebagai langkah awal memulai tahun baru 2016, BI Sulut mencanangkan program penanaman 1.000 pohon guna melakukan peremajaan kembali pohon kelapa dan cengkeh. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Sebagai langkah awal memulai tahun baru 2016, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulut, mencanangkan program penanaman 1.000 pohon guna melakukan peremajaan kembali pohon kelapa dan cengkeh.
Penanaman pohon tersebut dilaksanakan di Kecamatan Matungkas, Kabupaten Minahasa Utara. Kegiatan ini nantinya akan bekerja sama dengan Generasi Muda Bangsa Indonesia (GENBI), yang terdiri dari anak muda yang peduli terhadap lingkungan.
Kepala Perwakilan BI Sulut, Peter Jacobs, mengungkapkan, program merupakan salah satu bentuk kepedulian BI untuk mendorong peningkatan produksi produk kelapa dan olahannya melalui peremajaan kelapa.
“Kami berharap, kegiatan ini dapat menggairahkan masyarakat untuk lebih peduli terhadap komoditas kelapa, yang menurut informasi mengalami penurunan jumlah produksi,” bebernya saat ditemui belum lama ini di Manado.
Ditambahkan, pihaknya masih terkendala terbatasnya luasnya lahan. Sejauh ini,  lahan yang dimiliki masih dua hektare, sementara untuk menanam kelapa dan cengkeh biasanya dibutuhkan lahan yang sangat besar.
Peter menambahkan, selain menanam 1.000 pohon, pihaknya juga akan memberikan bantuan berupa bibit kelapa dan cengkeh, serta alat-alat pertanian bagi gabungan kelompok tani yang ada di Matungkas.