15 December 2015

Star Wars: The Force Awakens, Hipnotis Penggemar Film

STAR WARS - Industri film Hollywood kembali menggeliat. Salah satu film tersukses yang mendulang penonton fantastis pada zamannya di era 1970 hingga saat ini, Star Wars, siap menghipnotis penggemarnya dengan episode terbaru, Star Wars: The Force Awakens. BLOGKATAHATIKU/IST
britaloka.com - Media film memang tidak ada matinya. Bisnis hiburan berupa tontonan layar lebar yang diimplemantasikan dalam industri film ini, dari zaman ke zaman terus berkembang dengan penggemar yang tidak pernah surut. Beberapa film lawas, ditayangkan ulang kembali dalam versi baru, dan beberapa malah dibuat berepisode.
Hingga berita ini dimuat, Senin (14/12), industri film Hollywood kembali menggeliat. Salah satu film tersukses yang mendulang penonton fantastis pada zamannya di era 1970 hingga saat ini, Star Wars, siap menghipnotis penggemarnya dengan episode terbaru, Star Wars: The Force Awakens.
Episode yang masih menampilkan pemeran pada film perdana lawasnya tersebut, akan diputar serentak pada tiga bioskop berbeda, Senin (14/12) malam. Adapun artis peran yang ikut bermain dalam film itu adalah Harrison Ford, Mark Hamil, dan Carrie Fisher. Bahkan, sutradara sekaligus penulis naskah, JJ Abrams, turut memeriahkan pemutaran perdana film yang digemari segala usia ini.
Awak media di Amerika Serikat yang diundang menonton pemutaran perdana film ini, diimbau menahan “bocoran” pemberitaan agar kerahasiaan jalan cerita film terjaga dan tetap menarik disaksikan para penggemarnya yang lain.
Walt Disney selaku produsen Star Wars: The Force Awakens, masih bersikeras untuk tidak memberi keterangan terkait pemutaran perdana film yang sudah memasuki episode ketujuh tersebut. Kendati demikian, bocoran tentang tempat pemutaran film premier itu, diputar di TCL Chinese Theatre, Dolby Theatre yang merupakan tempat penyelenggaraan Oscars, dan El Capitan Theatre.
Sekadar informasi, TCL Chinese Theatre di Hollywood Boulevard adalah bioskop bersejarah yang merupakan tempat pertama menayangkan episode satu Star Wars di 1977, di mana saat itu gedung bioskop masih bernama  Grauman’s Chinese Theatre.
Terkait jadwal pemutaran perdana Star Wars: The Force Awakens yang telah menjadi rahasia umum, banyak penggemar antre sepanjang satu harian, bahkan beberapa penggemar berat “berkemah” di sekitar wilayah teater guna memastikan dapat membeli tiket dalam pemutaran perdana film ini.
Penggemar Star Wars berharap dapat memperoleh tiket pemutaran perdana film Star Wars: The Force Awakens. Bahkan, salah seorang penggemar yang dijumpai kontributor BLOGKATAHATIKU di sana, Nate Chukey, tidak pernah mennggalkan gedung bioskop sejak Sabtu (5/12). Alasan yang dikemukanan Nate terbilang klasik. Ia berharap bisa bertemu para pemeran film itu.
Star Wars sendiri merupakan seri film epik, fiksi ilmiah, opera antariksa Amerika Serikat yang disutradarai George Lucas. Sejak dirilis, film ini telah menjadi fenomena budaya dan menghasilkan banyak produksi film, buku, video games, serial TV, dan banyak produk lainnya yang dipasarkan.
Pelengkap-pelengkap dua trilogi film ini menciptakan perkembangan yang berarti terhadap dunia fiksi seri tersebut. Waralaba ini menggambarkan sebuah galaksi yang sangat jauh di masa ampau. Pada umumnya, menggambarkan Jedi sebagai sosok kebajikan yang bertentangan dengan Sith, yang merupakan gambaran kejahatan. Senjata mereka, lightsaber, terkenal di budaya populer. Dunia fiksi tersebut juga memiliki beragam tema, termasuk tema-tema yang dipengaruhi bidang filsafat dan agama.
Sebelumnya, film ini terdiri dari enam film yang dibagi dua trilogi. Di antaranya, trilogi sekuel (trilogi asli) dan trilogi prekuel (trilogi baru). Film pertama dari seri ini dirilis 25 Mei 1977, dengan judul Star Wars Episode IV: A New Hope oleh 20th Century Fox, dan menjadi momentum penting dalam budaya populer di seluruh dunia, diikuti dua sekuel yang dirilis masing-masing dalam rentang waktu tiga tahun.
Sekitar 16 tahun setelah film terakhir dari trilologi asli dirilis, film pertama dari trilogi prekuel dirilis. Tiga film prekuel juga dirilis dalam rentang waktu tiga tahun, di mana film terakhir dari trilogi prekuel dirilis pada 19 Mei 2005. Pada Oktober 2012, The Walt Disney Company membeli Lucas film sebesar 4,05 miliar dolar AS, dan mengumumkan perusahaan ini akan memproduksi tiga film baru, di antaranya film pertama, Star Wars: The Force Awakens.