16 December 2015

Pemkot Makassar Imbau SKPD Proaktif Tindaklanjuti Temuan Inspektorat

PROAKTIF - Dalam Rapat Pemuktahiran Data Tindak Lanjut Temuan Hasil Pemeriksaan Inspektorat Kota Makassar 2015 di Hotel Horison Ultima, Jalan Sultan Hasanuddin, Makassar, belum lama ini, Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal, mengharapkan agar satuan kerja perangkat daerah (SKPD) proaktif dalam menindaklanjuti temuan inspektorat. BLOGKATAHATIKU/IST 
BLOGKATAHATIKU - Dalam kegiatan “Rapat Pemuktahiran Data Tindak Lanjut Temuan Hasil Pemeriksaan Inspektorat Kota Makassar 2015” di Hotel Horison Ultima, Jalan Sultan Hasanuddin, Makassar, belum lama ini, Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal, mengharapkan agar satuan kerja perangkat daerah (SKPD) proaktif dalam menindaklanjuti temuan inspektorat.
“Aparat pengawasan internal adalah garda terdepan untuk menjadikan standar kinerja akuntabel, sehingga proses pemerintahan harus terbuka,” tutur pria yang lebih akrab disapa “Deng Ical” ini.
Rizal menambahkan, rapat pemuktahiran data merupakan ajang strategis, dan perlu ditanggapi dengan serius masing-masing SKPD. Menurutnya, beberapa hal yang terkadang menjadi penghambat lantaran adanya beberapa SKPD masih memandang inspektorat sebagai penegak hukum, pencari kesalahan, atau mitra yang menikam dari belakang. Padahal, inspektorat sebagai pelindung untuk mengoptimalkan kinerja.
“Kami meminta kepada seluruh peserta untuk benar-benar memperhatikan dan menindaklanjuti, sehingga sebelum 60 hari ke depan sudah dapat rampung,” pesannya.
Sementara itu, laporan ketua panitia pelaksana dari inspektorat, Suhartini, menambahkan, rapat tindak lanjut yang digelar sebagai langkah perbaikan dan diharapkan mendapat perhatian seluruh undangan.
“Undangan rapat tindak lanjut kali ini, yakni kepala dinas, badan, bagian, kantor, camat, pimpinan rumah sakit, kepala sekolah SMA, SMK, dan SMP, serta instansi lainnya yang berada dalam lingkup Pemkot Makassar yang masih memiliki temuan yang belum ditindaklanjuti sebanyak 57 SKPD,” imbuhnya.