18 December 2015

Pasca Kenaikan Tarif Listrik, PLN Tawarkan Migrasi Daya

PLN - Untuk mengantisipasi beban masyarakat, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menawarkan solusi berupa migrasi daya ke 900 VA. Migrasi atau penurunan daya itu bisa diusulkan ke PLN, sehingga tetap bisa menikmati subsidi pemerintah. Pasalnya, kategori daya ini masih disubsidi. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Kenaikan tarif listrik per 1 Desember 2015 lalu, yaitu tarif listrik dua golongan rumah tangga, 1.300 volt ampere (VA) dan 2.200 VA resmi naik 11 persen. Golongan tarif listrik itu tidak lagi mendapat subsidi pemerintah, sehingga otomatis semakin memberatkan warga ekonomi kelas bawah.
Namun, untuk mengantisipasi beban masyarakat, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menawarkan solusi berupa migrasi daya ke 900 VA. Migrasi atau penurunan daya itu bisa diusulkan ke PLN, sehingga tetap bisa menikmati subsidi pemerintah. Pasalnya, kategori daya ini masih disubsidi.
Hal tersebut diungkapkan Deputi Manajer Humas dan Hukum PT PLN Sulselbar, Rosita Zulkarnaen. Menurutnya, PLN selalu terbuka menerima usulan, tidak ada larangan. “Tetapi, yang bisa mengusulkan permintaan kategori daya adalah masyarkat tidak mampu,” terangnya di sela jumpa pers terkait migrasi listrik di Kantor PLN, Jalan Hertasning, Makassar.
Kendati demikian, ia menyebut tetap harus ada persyaratannya, yaitu identitas dilengkapi keterangan miskin berdasarkan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). “Siapapun yang migrasi, harus punya Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan Kartu Perlindungan Sosial (KPS),” tandasnya.