19 December 2015

Nissan Motor Indonesia Hadirkan Kompetisi Sales and Aftersales Tingkat Nasional

NATIONAL SALES AND AFTERSALES SERVICE COMPETITION 2015 - General Manager After Sales PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Franky Kandauw, General Manager Nissan College PT NMI, Agung Nuroho, Vice President PT NMI, Teddy Irawan, President Director PT NMI, Steve Ardianto, dan Vice President PT NMI Shinkichi Izumi, saat berpose bersama para pemenang National Sales dan Aftersales Service Competition 2015 PT Nissan Motor Indonesia. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) kembali menyelenggarakan kompetisi sales and afterfsales tingkat nasional dengan memperlombakan tiga kategori, Nissan Service Technician Excellence Competency (NISTEC) untuk service technician, Nissan Service Advisor Excellence Competency (NISAC) untuk service advisor, dan yang perdana diselenggarakan tahun ini, Nissan-Datsun Salesforce Excellence Competency (NDSEC) untuk salesperson Nissan dan key account officer Datsun.
Kompetisi yang digelar sejak 2008 ini merupakan bentuk komitmen NMI untuk senantiasa meningkatkan pelayanan penjualandan purnajual kendaraan Nissan, Infiniti, dan Datsun. Hal ini guna memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan saat mengunjungi outlet Nissan-Datsun dan Infiniti di Indonesia.
Vice President, Aftersales, TCS, Product Planning NMI, Teddy Irawan, mengatakan, dalam pengembangan jaringan penjualan dan purnajual, pihaknya tidak hanya memperhatikan peningkatan jumlah outlet, tetapi juga kualitas pelayanan dari seluruh outlet yang ada.
“Pelayanan adalah hal penting dalam bisnis otomotif. Pelanggan tidak hanya mengharapkan produk yang berkualitas, tetapi juga pengalaman menyenangkan saat berinteraksi di outlet Nissan-Datsun dan Infiniti. Oleh karena itu, kualitas sumber daya manusia (SDM) di setiap outlet Nissan-Datsun dan Infiniti, merupakan aspek penting yang selalu kami kelola agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan,” terangnya saat ditemui di Tangerang, Sabtu (19/12).
Sementara itu, General Manager Nissan College NMI, Agung Nugroho, menjelaskan, Nissan College sebagai pusat pendidikan dan pengembangan talent NMI, telah melakukan proses kualifikasi dan seleksi secara ketat guna menentukan finalis yang akan berlaga di ajang NISTEC, NISAC, dan NDSEC ini.
“Proses kualifikasi dan seleksi yang kami gelar sejak 25 November tahun ini, menghasilkan delapan service technician, delapan service advisor, dan delapan  salesperson, di antaranya empat Nissan salesperson dan empat Datsun key account officer, sebagai finalis. Mereka berasal dari outlet Nissan-Datsun berbagai kota di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan,” ulasnya.
Finalis NISTEC, NISAC, dan NDSEC wajib menjalani rangkaian ujian tertulis dan ujian praktik untuk menjamin proses serta hasil pelayanan pelanggan yang berkualitas tinggi sesuai standar global Nissan.
Untuk NISTEC, ujian praktik yang harus dilewati para finalis meliputi ujian pengukuran dan kalibrasi teknik, ujian prosedur pemeriksaan dan perawatan berkala, serta ujian diagnosa dan perbaikan untuk kategori engine, chassis, dan electrical.
Adapun untuk NISAC, para finalis harus melewati ujian praktik Nissan Sales and Service Way (NSSW): Service Process-Customer Handling SOP. Sementara, untuk NDSEC yang merupakan pengujian kompetensi terbaru untuk kategori Salesperson, mengharuskan peserta melakukan praktik dalam memberikan pelayanan kepada konsumen dengan berbagai karakter dan latar belakang, serta memberikan edukasi terkait teknologi dan keunggulan yang ditawarkan produk Nissan dan Datsun.
Masing-masing pemenang dari setiap kategori mendapatkan apresiasi Rp 15 juta untuk juara satu, Rp 10 juta untuk juara dua, dan Rp 5 juta untuk juara tiga.