03 December 2015

Antisipasi Tengkulak Pedagang Pasar, APPSI Siapkan Aplikasi Online

ANTISIPASI TENGKULAK - Mengantisipasi tengkulak yang marak di sejumlah pasar di Sulsel, Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) menyiapkan sistem melalui aplikasi online. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat APPSI, Sandiaga Uno saat meresmikan kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) APPSI Sulsel di Jalan Pengayoman Ruko Jasper III, Makassar, Rabu (2/12). BLOGKATAHATIKU/ANITA ANNY
BLOGKATAHATIKU - Mengantisipasi tengkulak yang marak di sejumlah pasar di Sulsel, Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) menyiapkan sistem melalui aplikasi online. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat APPSI, Sandiaga Uno saat meresmikan kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) APPSI Sulsel di Jalan Pengayoman Ruko Jasper III, Makassar, Rabu (2/12).
Menurut mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPPMI) ini, pihaknya menggandeng provider seluler untuk menyiapkan aplikasi online, yang khusus memberikan fasilitas penguatan kelembagaan APPSI di sejumlah daerah Indonesia, termasuk Sulsel.
“Dengan adanya aplikasi online ini, akan memberikan solusi yang dihadapi pedagang, seperti pasar terbakar, sulitnya akses, minimnya modal dan lahan usaha yang berkaitan peningkatan sumber daya manusia (SDM), sehingga bisa naik kelas,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua DPW APPSI Sulsel, Kadir Halid, menjelaskan, dengan aplikasi ini diharapkan pedagang pasar bisa mengembangkan usaha melalui pengembangan teknologi. Sehingga lebih siap memasuki era pasar global yang penuh persaingan.
Ada 18 pasar dengan 30 ribu pedagang yang tersebar di Makassar saat ini. Data itu belum termasuk pasar-pasar dan pedagang yang terdapat pada daerah lain di Sulsel.
Selain itu, sebut Kadir, pengembangan aplikasi yang berbasis Payment Point Online Bank (PPOB) ini, diharapkan bisa memudahkan komunikasi bisnis antarpedagang di Sulsel dengan pedagang-pedagang lainnya yang tersebar di Tanah Air.
“Misalnya, pedagang Sulsel yang ingin belanja di Pasar Tanah Abang, tidak perlu lagi datang ke sana untuk membeli barang. Mereka cukup berkomunikasi dan bertransaksi melalui aplikasi, kebutuhan usaha langsung terpenuhi,” ulasnya.
Ditambahkan, APPSI Sulsel juga berencana menyiapkan skema kredit yang mudah dan terjangkau bagi pedagang. “Pembiayaan juga akan disiapkan APPSI dengan bunga dan angsuran yang lebih ringan dibanding akses kredit di perbankan,” tandas Kadir.