29 December 2015

4G LTE XL Representatif Layani Trafik Tahun Baru

JARINGAN PRIMA - Menyambut tahun baru 2016, PT XL Axiata Tbk (XL) North Region telah meyiapkan layanan 4G LTE yang berkualitas dan memenuhi harapan pelanggan. Penyediaan jaringan yang prima tersebut untuk untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik yang lazim terjadi di pengujung tahun. BLOGKATAHATIKU/ANITA ANNY 
BLOGKATAHATIKU - Menyambut tahun baru 2016, PT XL Axiata Tbk (XL) North Region telah meyiapkan layanan 4G LTE yang berkualitas dan memenuhi harapan pelanggan. Penyediaan jaringan yang prima tersebut untuk untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik yang lazim terjadi di pengujung tahun.
Vice President (VP) XL North Region, Francky Rinaldo Pakpahan, mengatakan, jaringan pihaknya siap setiap saat jika terjadi lonjakan kapan pun, terlebih jika menghadapi hari-hari besar dan liburan panjang seperti liburan Natal dan Tahun Baru. Kendati demikian, XL tetap memastikan aspek pada sistem network agar benar-benar siap.
“Selama liburan Natal dan Tahun Baru, XL North memperkiraan kenaikan trafik akan terjadi pada semua layanan, baik data, SMS, dan voice dibandingkan trafik di hari normal. Untuk layanan data, diperkirakan akan naik sekitar 15-20 persen, voice lima persen, dan SMS 10 persen,” ulasnya.
Untuk itu, pihaknya telah melakukan persiapan, antara lain penambahan kapasitas jaringan dan base transceiver station (BTS) untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan. “Berbeda Ramadan dan Lebaran, peningkatan trafik di saat liburan Natal dan Tahun Baru cenderung terjadi di area tertentu. Karena itu, XL memastikan kapasitas jaringan cukup untuk menghadapi kenaikan trafik, terutama di jaringan Core Data Services. XL juga melakukan penambahan BTS, kapasitas, dan optimisasi di beberapa area yang terindikasi akan mengalami lonjakan trafik,” beber Francky.
Di wilayah North 1 yang mencakup Sulawesi hingga Papua sendiri, diperkirakan lonjakan trafik akan terjadi di beberapa kota besar seperti Manado dan Makassar, terutama public area seperti bandara dan pusat hiburan.
“Dengan didukung teknologi MSC pool dan SGSN in pool secara nasional, jaringan XL akan terlindung dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu. Pasalnya,  jaringan tersebar di beberapa titik. Selain itu, XL juga sudah mengantisipasi potensi lonjakan atau kenaikan trafik dari setiap layanan, termasuk dengan meningkatkan kapasitas jaringan dua hingga empat kali lipat kondisi trafik normal,” imbuh Francky.