17 November 2015

ZAP 5 Diakui Smartphone 4G LTE Pertama Indonesia

ANDROID 4G LTE - Beberapa direksi PT Hartono Istana Teknologi selaku produsen Polytron, tengah berfoto bersama saat peluncuran ZAP 5. Polytron kini menghadirkan smartphone Android 4G Long Term Evolution (LTE) pertama yang memenuhi standar Tingkat Komponen Dalam Negeri TKDN sebesar 35 persen. BLOGKATAHATIKU/IST
Penuhi TKDN 35 Persen
ZAP 5 Diakui Smartphone 4G LTE Pertama Indonesia

BLOGKATAHATIKU - Ramainya pemberitaan 4G baru-baru ini dari para operator dan produsen di Tanah Air, membuat persaingan smartphone dan layanan teknologi 4G semakin memanas. Hal ini agaknya juga mendorong Polytron untuk ikut memasarkan smartphone Android dengan teknologi 4G Long Term Evolution (LTE).
Peresmian jaringan uji coba 4G yang telah disahkan Menkominfo, Rudiantara, pada akhir 2014, menghasilkan beleid yang menetapkan smartphone Android 4G paling tidak memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri TKDN 35 persen. Untuk itulah, sebagai salah satu produsen nasional yang sudah dikenal di bidang audio, video, home appliances sejak 40 tahun lalu, Polytron kini menghadirkan smartphone Android 4G pertama yang memenuhi TKDN tersebut. Adapun pre order ZAP 5 sukses dilakukan sejak 28 Januari hingga 6 Februari, bekerja sama blibli.com.
Public Relations and Marketing Event Manager PT Hartono Istana Teknologi selaku produsen Polytron, Santo Kadarusman, saat ditemui belum lama ini di sela acara pengenalan produk di X2 Club, Senayan, Jakarta, menjelaskan, keunggulan Polytron adalah kemampuannya dalam memproduksi dan membangun lini smartphone secara mandiri. “Pabrik mobile phone yang dibangun Polytron berada di area kavling yang sama dengan pabrik audio dan video yang berlokasi di Kudus, Jawa Tengah,” bebernya.
Dengan memiliki research and development milik sendiri, sebut Santo, Polytron dapat memproduksi smartphone dengan teknologi 4G LTE pertama di Indonesia. Selain itu, produsen elektronik dalam negeri ini telah mendaftarkan produknya sebagai perangkat yang memiliki sertifikasi 4G LTE dengan ketentuan TKDN sebesar 35 persen sesuai aturan pemerintah.
Di tengah jaringan 4G yang masih terbatas, Polytron meyakini penetrasi pasar akan positif, mengingat ZAP 5 masih dapat beroperasi pada jaringan 3G dan 2G. Selain itu, smartphone elegan ini dibanderol sangat terjangkau Rp 1.099.000.
Santo menambahkan, semua produk Polytron, termasuk smartphone 4G LTE selalu melalui proses quality control yang sangat ketat sesuai standar internasional ISO 9001. “Quality control ini meliputi safety test, electronic reliability, battery reliability test, mechanical reliability test, dan performance and functionality test,” paparnya.
Sebagai perangkat 4G LTE pertama di Indonesia, ZAP 5 dapat digunakan pada hampir semua negara karena menggunakan frekuensi world band 800 MHz, 850 MHz, 900 MHz, 1800 MHz, 1900 MHz, 2100 MHz, dan 2600 MHz.
ZAP 5 memiliki ukuran layar yang lebar 4,5 inci, dengan space memory besar 1 GB RAM dan 8 GB ROM, 64 bit processor, Android OS Kitkat 4.4 (upgradeable Android Lollipop 5.0), dan kamera 5 MP.
“ZAP 5 diciptakan untuk memenuhi kebutuhan handset 4G dengan harga terjangkau dan fitur mumpuni di pasar Indonesia. Semoga kehadiran ZAP 5 yang memiliki teknologi layanan 4G yang dapat digunakan di beberapa layanan jaringan operator seperti Telkomsel, XL, dan Indosat, dapat diterima baik masyarakat Indonesia yang kini semakin maju, modern, dan memiliki mobilitas tinggi,” tandas Santo.