07 November 2015

The Body Shop, Inovasi Bisnis Kecantikan Ramah Lingkungan

SOSIALISASI PRODUK - Beauty Specialist The Body Shop TSM, Rahmi Azis saat dibadikan di The Body Shop TSM, Jalan HM Daeng Patompo, Tanjung Bunga, Makassar, Sabtu (31/10). Dijelaskan, untuk mensosialisasikan produk The Body Shop, manajemen bekerja sama Telkomsel melalui penukaran poin pelanggan di Telkomsel Poin. Promosi lewat SMS Blast yang dilakukan Telkomsel sangat membantu pihaknya. BLOGKATAHATIKU/ANITA ANNY
BLOGKATAHATIKU - Mengguritanya usaha kosmetik yang telah dikembangkan The Body Shop sejak berdiri pada 1976 dengan tentakel kepemilikan 2.400 toko pada 61 negara, termasuk Indonesia, tentu tidak lepas dari sosok pendirinya, Anita Roddick.
Memang bukan tanpa sebab jika korporasi yang mengusung produk ramah lingkungan ini dapat berkembang pesat seperti sekarang ini. Pasalnya, dengan mengaktualisasikan sisi-sisi humanistik dalam produk-produknya yang berkonsep “hijau”, boleh jadi Anita merupakan salah satu pengusaha revolusioner dengan bisnis yang paling bisa diterima manusia saat ini.
Melalui buku autobiografinya, “Business as Unusual” yang diluncurkan 2006 lalu, tergambar pengalaman yang mencengangkan tentang sisi manusiawi yang dibalut dalam bisnis ramah lingkungan. Tidak heran, apabila semua outlet The Body Shop menjunjung visi adiluhung terkait kepedulian terhadap lingkungan hidup.
Begitu juga The Body Shop Trans Studio Mall (TSM) yang senantiasa mengusung produk inovatif dalam kemasan “go green”. Paling tidak, hal itu dapat dilihat dari produk “new arrival” yang rutin dikeluarkan The Body Shop.
“Semua produk The Body Shop dijamin ramah lingkungan. Tidak ada zat berbahaya yang terkandung dalam ragam kosmetik yang kami jual. Untuk bulan ini, kami ada mengeluarkan produk baru, Satsuma. Ini adalah rangkaian kesegaran aroma citrus yang mengandung ekstrak satsuma (jeruk). Kesegaran jeruk asal Jepang ini diaplikasikan dalam kelembapan body lotion ataupun kesegaran shower gel,” terang Beauty Specialist The Body Shop TSM, Rahmi Azis saat ditemui di The Body Shop TSM, Jalan HM Daeng Patompo, Tanjung Bunga, Makassar, Sabtu (31/10).
Dijelaskan, produk-produk Satsuma tersebut di antaranya Body Mist 100 mililiter (ml) Rp 159 ribu, Body Sorbet 200 ml Rp 189 ribu, Soap Rp 49 ribu, Shower Gel 250 ml Rp 129 ribu, Body Butter 200 ml Rp 249 ribu, Body Puree 250 ml Rp 179 ribu, Satsuma EDT 30 ml Rp 189 ribu, dan Born Lippy Satsuma 10 ml Rp 89 ribu.
Untuk mensosialisasikan produk ramah lingkungan ini, manajemen The Body Shop bekerja sama dengan Telkomsel melalui penukaran poin pelanggan di Telkomsel Poin. Rahmi mengaku, promosi lewat SMS Blast yang dilakukan Telkomsel sangat membantu pihaknya.
“Setiap hari sekitar belasan pelanggan yang datang berbelanja dan menukarkan poinnya untuk mendapatkan produk Satsuma tadi. Program ini memang hanya dikhususkan untuk produk Satsuma. Di sini, pelanggan bisa menukarkan 20 poinnya untuk memperoleh diskon 20 persen untuk setiap pembelian produk Satsuma,” ulasnya.
Rahmi berharap, ke depannya kerja sama seperti ini dapat terus dilanjutkan. “Jadi, setiap ada produk baru dari The Body Shop, maka dapat dipromosikan Telkomsel Poin lagi,” tutupnya.