09 November 2015

Serbuan Gadget Baru di Akhir Tahun

ACER - Product Manager Department Acer, Sianti Setiawan (paling kanan), saat mempresentasikan gadget terbaru Acer di Pisa Kafe, Jalan Botolempangan, Makassar, belum lama ini.  Acer memperkenalkan dua produk notebook terbarunya, Acer Aspire R11 dan Acer Aspire E5-473. BLOGKATAHATIKU/ANITA ANNY
BLOGKATAHATIKU - Menjelang akhir 2015, beberapa produsen gadget menyerbu pasar Indonesia dengan jajaran produk terbaru. Mereka rata-rata “pemain lama” yang sudah dikenal di pasar Indonesia. Ada juga yang termasuk “pemain baru” yang coba merebut hati penggemar gadget.
Saat ini, gadget sudah bisa dikatakan sebagai sebuah kebutuhan. Setiap saat, di mana saja, dengan mudah dapat dilihat orang-orang yang tidak bisa lepas dari gadgetnya, baik di tepi jalan, dalam angkutan kota, mal, maupun restoran. Gadget yang saat ini kian merebak di masyarakat, mulai menimbulkan gejala sosial baru. Sebagian orang menganggap gadget sebagai gaya hidup atau lifestyle, dan sebagian lagi sudah menjadikan gadget sebagai kebutuhan.
Bagi orang yang menganggap gaya hidup, gadget hanya dilihat sebatas untuk mengikuti tren, bahkan tidak tahu fitur-fitur yang ada di dalamnya. Sementara, mereka yang melihat secara kebutuhan, gadget benar-benar digunakan untuk mendukung kebutuhan hidupnya.
Pesatnya penetrasi smartphone di Indonesia dinilai karena produk tersebut sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat, khususnya di perkotaan. Ketua Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia (APSI), Ina Hutasoit, dalam sebuah rilis, mengungkapkan, jangan beranggapan handphone sebagai barang mewah. Menurutnya, juga tidak bisa dikatakan pesatnya penetrasi smartphone dari tahun ke tahun di Indonesia lantaran daya beli atau perekonomian masyarakat Indonesia sudah semakin meningkat.
Menurutnya, di Indonesia smartphone sudah menjadi kebutuhan utama di samping pangan, sandang, dan papan. Pesatnya pertumbuhan smartphone menjadi fenomena yang tidak bisa dihindari. Masyarakat membutuhkan informasi dan dipakai juga untuk mengakses internet.
Melihat kebutuhan masyarakat Indonesia di perkotaan yang terus meningkat, beberapa produsen gadget akan mengeluarkan beberapa produk terbarunya di akhir 2015. Alasan mereka, pada akhir tahun, kecenderungan untuk membeli gadget lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Kemungkinan, pengguna smartphone ingin memasuki tahun yang baru dengan sesuatu yang baru pula. Salah satunya dengan membeli gadget baru.
Salah satunya adalah Acer, pada awal November ini mengeluarkan tiga varian gadget terbarunya. Yang pertama, smartphone Acer Liquid Z320. Produk ini diluncurkan secara nasional pada awal November, dan telah diperkenalkan di Makassar sejak akhir bulan lalu. Untuk tahap awal, Acer melayani pemesanan smartphone dengan ukuran layar 4,5 inci ini melalui website penjualan online, Lazada.
Retail Empowerment Specialist Marketing Division Acer, Andixi Satria Perdana, menjelaskan, Makassar menjadi kota pertama yang diperkenalkan produk Acer Liquid Z320. Pada event tersebut, hadir PR Manager Marketing Division Acer, M Thoriq Syarief Husein, dan Product Manager Department Acer, Sianti Setiawan.
Andixi menjelaskan, Acer Liquid Z320 menghadirkan desain curve yang dinamis. Layar IPS pada Liquid Z320 dilengkapi Acer BlueLight Shield, sehingga mata tidak akan cepat lelah saat memandangi layar smartphone dalam waktu cukup lama. Liquid Z320 sudah dilengkapi Voice Camera Control, untuk memudahkan pengguna smartphone yang hobi foto selfie. Cukup dengan perintah suara, tidak perlu repot lagi menekan tombol kamera pada layar.
PR Manager Marketing Division, M Thoriq Syarief Husein, dari sisi harga dipastikan di atas Rp 1 juta. “Makassar menjadi market menjanjikan, makanya kami memperkenalkan lebih awal,” bebernya.
Bukan hanya smartphone, Acer juga memperkenalkan dua produk notebook terbarunya, Acer Aspire R11 dan Acer Aspire E5-473. Acer Aspire R11 memiliki fitur 360 derajat Dual Torque Hinge, yang memudahkan pengguna memutar layar ke berbagai mode. Dalam mode notebook, Aspire R11 dapat digunakan layaknya notebook. Jika ingin memanfaatkan fungsi praktis sebuah tablet, tinggal memutar layarnya keluar hingga 360 derajat.
Sementara, untuk mode Tent memudahkan untuk menikmati konten multimedia di meja yang sempit. Menurut Thoriq, konsumen dapat menebus Acer Aspire R11 Rp 4.899.000 per unit.
Lain lagi dengan produk Acer Aspire E5-473 yang lebih menonjolkan sisi desain yang unik dan colorful. Cover luarnya memiliki corak tekstil dengan pola Fine Linen, yang menghadirkan kesan elegan dan nyaman untuk disentuh. Dengan enam pilihan warna, cotton white, charcoal grey, ocean blue, denim blue, coral pink, dan tropical yellow pada interiornya, gadget ini dapat ditebus mulai Rp 5.199.000.
Pasar smartphone di Indonesia menjadi daya magnet yang sangat kuat bagi vendor asal Tiongkok seperti Vivo. Korporasi ini mencoba terjun dan merebut market yang masif. Meski terbilang baru, Vivo tidak main-main untuk memproduksi smartphone. Sejak akhir bulan lalu, Vivo sudah memasarkan beberapa varian smartphone-nya di Makassar.
Ada dua seri smartphone yang dikenalkan Vivo untuk Indonesia, yakni seri X untuk kelas premium dan seri Y untuk jajaran menengah. Untuk seri X sendiri, Vivo menghadirkan Xplay, X3S, dan XShot. X3S memiliki bodi yang tipis, sementara seri XPlay mendukung kualitas suara Hi-Fi dan extreme video display. Adapun XShot, ditujukan untuk penggemar fotografi dengan kamera utama 13 MP. Karena menyasar kelas premium, harga yang ditawarkan mulai Rp 6 juta.
Sementara itu, untuk seri Y yang merupakan produk terbaru, seperti Y35 dan Y37, ditawarkan Rp 3.499.000. Vivo Y35 telah didukung jaringan 4G LTE dalam sistem pengoperasian Lollipop terbaru. Tak hanya itu, bodinya juga cukup tipis dan stylish dengan berbekal kamera beresolusi tinggi.
Kemampuan ponsel Vivo Y37 jauh lebih unggul dibandingkan smartphone seri sebelumnya. Ponsel ini menggunakan prosesor 64 Bits dari Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 yang terdiri dari quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 dan quad-core 1.0 GHz Cortex-A53. Apalagi, RAM-nya sudah 2 GB, sehingga kinerja ponsel semakin stabil, anti lagging meskipun digunakan untuk multitasking atau bermain games 3D.