20 November 2015

Semen Tonasa Gandeng Pembiayaan BNI


KERJA SAMA PEMBIAYAAN - Direktur PT Semen Tonasa, Andi Unggul Attas, saat diabadikan belum lama ini. Di bawah kepemimpinannya, Semen Tonasa melakukan kerja sama pembiayaan distributor dengan BNI berupa Supply Chain Financing (SCF). Penandatanganan nota kesepahaman kedua pihak dilaksanakan belum lama ini di Hotel Grand Clarion, Jalan AP Pettarani, Makassar. BLOGKATAHATIKU/ANITA ANNY

Minimalisir Risiko Bisnis
Semen Tonasa Gandeng Pembiayaan BNI 

BLOGKATAHATIKU - PT Semen Tonasa melakukan kerja sama pembiayaan distributor dengan BNI berupa Supply Chain Financing (SCF). Penandatanganan nota kesepahaman kedua pihak dilaksanakan belum lama ini di Hotel Grand Clarion, Jalan AP Pettarani, Makassar.
Kerja sama yang dilakukan bertepatan hari jadi ke-47 Semen Tonasa itu, merupakan fasilitas pembiayaan kepada distributor, baik berupa jaminan pembelian semen ataupun modal kerja untuk pembelian semen.
Fasilitas ini juga dikenal sebagai lending model SCF kepada mitra perusahaan besar yang memiliki hubungan dengan BNI, baik sebagai debitur maupun nasabah BNI. Adapun nilai kontrak pembiayaan distributor Semen Tonasa dengan BNI mencapai Rp 500 miliar.
Hal tersebut diungkapkan Chief Executive Officer (CEO) BNI Wilayah Makassar, Slamet Djumantoro. Bahkan, beberapa pekan lalu, telah ada dua distributor yang menggunakan Rp 55 miliar. “Kami akan all out membantu aspek pembiayaannya,” ujarnya di sela penandatanganan nota kesepahaman.
Sementara itu, Direktur Keuangan PT Semen Tonasa, Subhan, menuturkan, salah satu hal yang mempengaruhi produktivitas mitra distributor adalah ketersediaan modal kerja. Menurutnya, kerja sama ini akan mendukung perkembangan bisnis distributor Semen Tonasa maupun BNI. Selain BNI, selama ini pihaknya juga menggandeng bank lain dalam hal pembiayaan, untuk memberikan pilihan mana yang lebih menarik kepada distributor.
“Saat ini, Semen Tonasa memiliki 120 distributor. Kerja sama pembiayaan ini tidak hanya berlaku di wilayah Sulsel, tetapi juga di seluruh area pemasaran Semen Tonasa. Ke depannya, kami targetkan bukan hanya distributor namun sub di bawahnya juga akan kami jalin bekerja sama dengan bank untuk meminimalisir risiko bisnis,” terangnya.
Wakil Pimpinan BNI Wilayah Makassar, Babas Bastaman, menambahkan, salah satu kemudahan yang diberikan kepada distributor adalah bunga yang lebih rendah, satu persen hingga 1,5 persen dibandingkan pembiayaan normal BNI. Selain itu, agunan atau jaminan juga lebih longgar. 
“BNI juga bersedia memberikan berapa pun pembiayaan kepada distributor. Bisa jadi, ke depannya kerja sama pembiayaan ini akan lebih tinggi,” bebernya.