05 November 2015

Ratumuda Seafood

MEMBANTU PROMOSI - Karyawan RM Ratumuda saat diabadikan di samping banner Telkomsel Poin. Sejak menjalin kerja sama dengan Telkomsel Poin, tingkat kunjungan konsumen ke Ratumuda lebih tinggi. Telkomsel sangat membantu promosi Ratumuda, baik dengan SMS maupun promosi lainnya. BLOGKATAHATIKU/EFFENDY W
Ratumuda Seafood
Tawarkan Hidangan Laut dengan Harga Terjangkau

BLOGKATAHATIKU - Menggeluti bisnis restoran atau rumah makan (RM) yang menghidangkan aneka seafood memang tidak ada matinya. Pertama, karena sajian menu yang berasal dari hewan-hewan laut seperti ikan, cumi, udang, kepiting, dan lain-lain ini memiliki cita rasa khas. Kedua, seafood sangat digemari masyarakat Makassar.
Paling tidak, itulah yang menjadi bahan pertimbangan Hj Kartiah Ahmar saat memutuskan merintis RM Ratumuda Seafood pada 2010 lalu. “Seafood yang kami tawarkan secara umum di Ratumuda, dapat dikatakan makanan tradisional dengan penyajian sederhana seperti dibakar atau digoreng. Meskipun sederhana, seafood jenis racikan ini justru sangat digemari. Ini berbeda jika dibandingkan restoran modern yang sudah menyajikankannya secara kompleks. Jadi, ada cita rasa khas yang sudah hilang ketika diracik secara berlebihan,” bebernya, saat ditemui di RM Ratumuda Seafood, Jalan Rusa, Makassar, Kamis (29/10).
Selain seafood sebagai jualan utamanya, Kartiah juga menawarkan menu umum lainnya seperti ayam dan bebek goreng atau bakar. “Kami juga menyediakan Chinese food. Untuk menu ini, pelanggan dapat menikmati beberapa hidangan khas seperti Ayam Kuluyuk, Ikan Sunu Asam Manis, Udang Keranjang Salad Singapore, Kepiting ala Singapore, Kepiting Asam Manis, Sapo Tahu, Sapi Lada Hitam, dan lain-lain,” paparnya.
Terkait harga, wanita yang akrab disapa “Tia” ini, mengklaim menu-menu yang dijualnya sangat terjangkau. “Harga makanan yang kami jual bisa dibilang sangat murah. Bahkan, ketika restoran lain memberikan diskon besar hingga 50 persen misalnya, harga menu-menu di sini masih lebih murah,” ulasnya.
Ia mencontohkan, menu ikan Baronang dibanderol mulai Rp 59 ribu, Ayam Bakar/Goreng Rp 17 ribu, Kangkung Cah/Sayur Asam Rp 15 ribu, serta masih banyak menu lainnya dengan harga terjangkau.
Untuk menarik lebih banyak pelanggan, sebut Kartiah, pihaknya tak mengabaikan pelayanan yang ramah. Selain itu, kerja sama kemitraan dengan beberapa perusahaan seperti Telkomsel, khususnya dalam program Telkomsel Poin, juga berkontribusi besar dalam mendulang trafik kunjungan ke rumah makannya.
“Sejak menjalin kerja sama dengan Telkomsel Poin, tingkat kunjungan konsumen ke Ratumuda lebih tinggi. Telkomsel sangat membantu promosi Ratumuda, baik dengan SMS maupun promosi lainnya,” imbuhnya.
Dijelaskan, pelanggan Telkomsel Poin dapat menukarkan 20 poinnya untuk mendapatkan diskon hingga 15 persen setiap transaksi makanan Rp 200 ribu, makasimal Rp 1 juta.
Ke depannya, Kartiah berharap kerja sama dengan Telkomsel dapat terus ditingkatkan. “Ke depannya, ada rencana untuk ekspansi di bidang kuliner. Saya berharap, kerja sama seperti ini (Telkomsel Poin) dapat terus berlanjut,” tandasnya.