09 November 2015

Perlengkapan Mendaki Gunung di Eiger

SEPATU HIKING - Salah satu perlengkapan mendaki yang dijual Eiger Store adalah sepatu hiking, dibanderol Rp 550 ribu-Rp 1,3 juta. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Layaknya kegiatan petualangan lainnya, mendaki gunung merupakan aktivitas olahraga yang berat dan penuh tantangan. Makanya, bagi pegiat hobi ini senantiasa merasakan denyut adrenalin yang tinggi. Untuk itu, bukan hanya memerlukan kondisi fisik yang prima, seorang pendaki juga perlu membawa beragam peralatan guna menjaga dan melindungi diri terhadap kondisi ekstrim yang tidak diinginkan saat pendakian.
Sebelum mendaki, sebaiknya mempersiapkan perlengkapan dengan sempurna. Pada dasarnya, peralatan mendaki gunung itu bersifat fleksibel, artinya bisa saja dibawa atau tidak. Perlengkapan yang dibawa pun hendaknya disesuaikan lokasi, rute, jangka waktu, dan kondisi cuaca.
Di antara semua peralatan mendaki, beberapa terbilang penting dan wajib dibawa. Untuk mendapatkan perlengkapan pendakian, saat ini banyak toko yang khusus menjualnya, salah satunya adalah Eiger Store, Mal Ratu Indah (MaRI), Jalan Ratulangi, Makassar.
Sesuai tagline yang diusung Eiger Store, “The Real Adventure Gear”, peralatan yang dijual di tempat ini terbilang sangat lengkap, di antaranya carrier (tas khusus pendaki) yang dibanderol mulai Rp 500 ribu-Rp 1,6 juta dan sepatu hiking Rp 550 ribu-Rp 1,3 juta. Selain itu, juga ada sandal gunung yang bukan hanya cocok dipakai saat mendaki, tetapi nyaman juga dipakai dalam melakukan aktivitas outdoor lain, dibanderol Rp 100 ribu-Rp 175 ribu.
Apabila ingin menginap di lokasi pendakian, atau sekadar beristirahat, maka perlu membawa tenda. Menurut kasir Eiger Store, Nirwana, tenda yang baik dapat melindungi penghuninya dari cuaca dingin, gangguan serangga, serta binatang liar. Di Eiger Store, perlengkapan semacam itu bisa dibeli mulai Rp 575 ribu-Rp 2 juta.
Selain perlengkapan utama yang wajib dibawa, Eiger Store juga menjual aneka aksesoris pelengkap saat ingin mendaki. Ada caradines Rp 80 ribu-Rp 120 ribu, harness (sedang Rp 450 ribu, full body Rp 1,5 juta), tali carmantel ukuran 50 meter Rp 1,8 juta, kupluk Rp 45 ribu-Rp 85 ribu, kaus tangan Rp 75 ribu-Rp 290 ribu, kompas Rp 95 ribu, jam tangan Rp 250 ribu-Rp 395 ribu, head lamp Rp 90 ribu, dan senter Rp 250 ribu.
Apabila semua perlengkapan mendaki sudah lengkap, jangan lupa untuk memerikasakan kondisi kesehatan. Selamat menjalankan hobi Anda.