17 November 2015

Penyebab Terjadinya Kebakaran pada Mobil

RENTAN TERBAKAR - Untuk menghindari terjadinya kebakaran pada kendaraan, pengendara hendaknya mengetahui unsur pemicu munculnya api, antara lain hubungan arus pendek, penggunaan kabel yang tidak sesuai, faktor eksternal seperti puntung rokok yang menyala, kecelakaan kendaraan, benda asing di ruang mesin, serta material kendaraan yang rentan terbakar. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Peristiwa kebakaran merupakan bencana yang paling sering terjadi, khususnya di musim kemarau. Kebakaran sendiri bisa digolongkan dalam bencana alam yang disebabkan kelalaian manusia. Peristiwa kebakaran bisa terjadi di mana saja, seperti di hutan, rumah, bahkan pada kendaraan.
Terdapat banyak faktor pemicu yang menimbulkan kebakaran pada kendaraan. Instructor Service Training and Technical Service Division Daihatsu, Aji Prima Barus Nurcahaya, saat membawakan materi “Pencegahan Kebakaran pada Kendaraan” di Boncafe, Jalan AP Pettarani, Makassar, beberapa waktu lalu.
Dijelaskan, kebakaran pada kendaraan rentan terjadi apabila terdapat tiga unsur pembentuk api, yaitu oksigen, panas, dan bahan bakar, telah terpenuhi. Untuk itu, ia menyarankan, pengendara harus memahami sebuah mobil terdapat berbagai komponen maupun bahan yang mudah terbakar, serta berpotensi menjadi sumber panas api.
Untuk menghindari terjadinya kebakaran, sebut Aji, pengendara hendaknya mengetahui unsur pemicu munculnya api, antara lain hubungan arus pendek, penggunaan kabel yang tidak sesuai, faktor eksternal seperti puntung rokok yang menyala, kecelakaan kendaraan, benda asing di ruang mesin, serta material kendaraan yang rentan terbakar seperti fluida bahan bakar, oli power steering, oli mesin, oli transmisi, dan lain sebagainya.
“Guna menghindari terjadinya hal tersebut, kami mengimbau bagi pengguna roda empat untuk menghindari modifikasi kendaraan yang berlebihan, dan rutin melakukan perawatan secara berkala,” tandasnya.