10 November 2015

Menjadi Karyawan Sekaligus Bos

KOMPETITIF - Salah satu tempat usaha yang didirikan beberapa pengusaha muda di Makassar saat diabadikan belum lama ini. Persaingan bebas pasar di era masyarakat ekonomi Asean (MEA), memaksa pengusaha lokal untuk kompetitif dan mampu bersaing dengan pengusaha asing yang bakal masuk berusaha di Tanah Air. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Apakah seorang karyawan tetap bisa menjadi entrepreneur? Tentu bisa. Meskipun berstatus sebagai karyawan di sebuah perusahaan, apabila memiliki keinginan menjadi pengusaha, bisa mencoba mengambil langkah dengan membuka bisnis sampingan. Meskipun menjadi pendamping dari pekerjaan utama, tetap harus diseriusi.
Sebuah bisnis apabila tidak dilakukan dengan serius, maka tidak bisa memberi hasil yang maksimal. Makanya, di tengah kesibukan luangkan waktu sedikit saja untuk serius mengurus bisnis pendamping tersebut. Hasilnya sangat mungkin mengalahkan pendapatan dari pekerjaan utama. Karena masih terikat sebagai karyawan, maka upayakan jangan sampai pekerjaan sampingan mengganggu waktu kerja di kantor.
Seperti yang dilakukan Kasrina Srijaya yang membuka usaha kuliner Queen Food Knight. Padahal, sehari-hari ia dikenal sebagai Marketing Communication and Promotion di Hotel Aryaduta Makassar. Usaha itu merupakan hasil join dengan temannya, Riska Ayus MS, yang juga bekerja di hotel yang berlokasi di Pantai Losari, Makassar. Meskipun baru berjalan sekitar enam bulan, tetapi diakuinya sudah dapat mendatangkan revenue yang cukup besar.
Kasrina mengungkapkan, meskipun sibuk dengan pekerjaannya sebagai karyawan hotel, usaha itu tetap dapat dijalankan dengan baik. Ini lantaran metode penjualan yang dipakai lebih banyak memanfaatkan sosial media. Makanan ringan menjadi menu pilihan yang dijual, mengikuti tren yang berkembangan saat ini.
“Makanan ringan bisa dinikmati kapan saja, dan mudah dibawa kemana saja. Untuk harga makakan kami terbilang murah, hanya sekitar Rp 20 ribu,” promosinya.