29 November 2015

Mengudap Rasa Kolonial Kuliner Kota Tua Jakarta




CAFE BATAVIA - Ada banyak tempat untuk menikmati kuliner di Kota Tua. Salah satunya adalah “Cafe Batavia”, terletak persis di seberang Museum Fatahillah dengan interior tempo dulu dan menyajikan menu makanan Asia dan Barat. BLOGKATAHATIKU/IST

BLOGKATAHATIKU - Ada banyak tempat untuk menikmati kuliner di Kota Tua. Salah satunya adalah “Cafe Batavia”, terletak persis di seberang Museum Fatahillah dengan interior tempo dulu dan menyajikan menu makanan Asia dan Barat. Di samping menyediakan minuman modern seperti bir dan wine, wisatawan juga bisa memesan minuman tradisional seperti bajigur, bandrek, dan pletok. Sayangnya, kafe ini tidak menyediakan menu khusus untuk anak-anak.
Kafe ini menempati bangunan bergaya kolonial Belanda yang sudah berusia 200 tahun. Ini merupakan bangunan tertua kedua setelah Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah yang terletak tepat diseberangnya. Interiornya diisi pernak-pernik dari abad ke-19 berpadu sedikit sentuhan modern. Di beberapa bagian dinding kafe, diisi foto-foto para tokoh dari zaman kolonial Belanda hingga foto proklamator Soekarno, juga berbagai foto seniman, artis, dan musisi.
Di lantai bawah, wisatawan disuguhkan nuansa “cafe and lounge” yang yang kental dengan beberapa sofa. Selain itu, ada panggung kecil yang biasanya diisi alunan live music. Berhadapan panggung, pengunjung bisa menikmati suasana bar di masa lalu. Mantan Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill, dipakai untuk menamai bar di lantai satu. Bar ini pernah dinobatkan menjadi “The World’s Best Bar” oleh Newsweek International pada 1996. 
Untuk menuju lantai dua, pengunjung harus menaiki tangga besar yang terbuat dari kayu jati dengan dinding yang dipenuhi foto para tokoh, artis, dan musisi dari berbagai negara. Di lantai atas, mereka dapat merasakan nuansa yang berbeda. Pasalnya, ruangan di sini disulap bergaya “tempo doeloe”. Sambil menikmati hidangan, juga bisa menyaksikan pemandangan suasana taman Museum Fatahillah lewat deretan jendela besar.