22 November 2015

Mata Uang Rupiah Raih Penghargaan Desain Terindah

RAIH PENGHARGAAN - Mata uang rupiah berhasil meraih penghargaan dari majalah Times di New York, Amerika Serikat (AS) sebagai “The Most  Beautifully Design Around The World”. Dari sembilan negara yang masuk nominasi, Indonesia berhasil meraih posisi keempat setelah Tiongkok, Hongkong, dan Nepal. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Sebagai warga negara Indonesia yang menjunjung kedaulatan negara, seharusnya bangga menggunakan mata uang rupiah dalam bertransaksi. Pasalnya, pada April lalu, mata uang rupiah berhasil meraih penghargaan dari majalah Times di New York, Amerika Serikat (AS) sebagai “The Most  Beautifully Design Around The World”.
Dari sembilan negara yang masuk nominasi, Indonesia berhasil meraih posisi keempat setelah Tiongkok, Hongkong, dan Nepal. Hal tersebut diungkapkan Kepala Departemen Lini 1 Perum Percetakan Republik Indonesia (Peruri), Suhadak Bahariawan.
“Yang berhasil meraih penghargaan adalah pecahan mata uang Rp 100 ribu keluaran 2014, yang merupakan desain baru yang didesain 2013 lalu,” ujarnya kepada sejumlah media Sulsel yang berkunjung ke Perum Peruri, Karawang, Jawa Barat.
Dijelaskan, salah satu yang menjadi penilaian hingga meraih penghargaan adalah desain pada pecahan Rp 100 ribu yang kaya akan fitur. Selan itu, dalam desain tersebut, bisa dilihat beberapa perubahan seperti tulisan Negara Kesatuan RI, dan latar warna kuning pada gambar Garuda.
“Ini merupakan kebanggaan bagi Indonesia, karena berhasil meraih penghargaan tersebut. Jadi, sebagai warga negara Indonesia, harusnya ikut berpartisipasi dalam menjaga kestabilan transaksi mata uang rupiah dan mendukung penggunaan mata uang rupiah,” ujarnya.