22 November 2015

Makassar Segera Miliki Perda ASI

RUANG MENYUSUI - Salah satu ruang menyusui saat diabadikan belum lama ini. Tidak lama lagi, Makassar akan memiliki Peraturan Daerah (Perda) Air Susu Ibu (ASI). Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bersama DPRD sedang menyiapkan panitia khusus untuk merealisasikan Perda terkait ASI. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Tidak lama lagi, Makassar akan memiliki Peraturan Daerah (Perda) Air Susu Ibu (ASI). Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bersama DPRD sedang menyiapkan panitia khusus.
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, saat membacakan pandangan umum Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pemberian ASI Eksklusif di Kantor DPRD Makassar, menjelaskan, ASI bukan untuk kepentingan siapa-siapa. “ASI untuk meningkatkan daya tahan bayi, serta meningkatkan kekebalan tubuh anak. Pemberian ASI eksklusif wajib dilakukan untuk menjaga kualitas anak-anak agar tumbuh sehat dan kuat,” alasannya.
Menurutnya, Perda ASI mendesak dibahas dan disahkan secepatnya agar pertumbuhan dan perkembangan anak lebih baik sebagai penerus masa depan. “Berdasarkan data World Breasfeeding Trends Initiniative 2012, tentang kondisi menyusui di 51 negara, Indonesia berada pada urutan ke-49 dari 51 negara dengan angka menyusui hanya sekitar 27,56 persen. Artinya, kesadaran pemberian ASI eksklusif masih sangat rendah. Adapun pemberian ASI eksklusif khusus di Makassar berada di kisaran 61 persen pada 2014 lalu,” bebernya.
Sementara itu, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD) DPRD Makassar, Rahman Pina, mengatakan, Ranperda inisiatif Pemkot Makassar itu, telah dirampungkan naskah akademiknya untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut. 
“Ini adalah usaha dan langkah yang bagus. Karena, walaupun pemberian ASI eksklusif sering dikampanyekan bersama Dinas Kesehatan, tetapi tidak terlalu berhasil karena iklan susu formula masih lebih mendominasi,” tutupnya.