09 November 2015

Kuche Induction, Kompor Modern Hemat Energi

KOMPOR INDUKSI - Kuche Induction adalah kompor yang memanfaatkan induksi listrik atau magnetik, sehingga panas yang dihasilkan bukan berasal dari api atau percikan api, melainkan dari gesekan medan magnet dan logam panci atau perlengkapan memasak yang diletakkan di atasnya. BLOGKATAHATIKU/IST 
BLOGKATAHATIKU - Seiring perkembangan zaman, teknologi pun kian berkembang, mulai alat komunikasi seperti telepon, televisi, kendaraan, hingga dunia dapur ikut mengalami perubahan. Dulu masyarakat hanya menggunakan kayu bakar untuk memasak, kemudian berkembang menggunakan kompor minyak tanah, lalu beralih ke kompor gas, dan kemudian kompor listrik, hingga kini mulai muncul kompor induksi.
Kompor induksi adalah sebuah kompor tanpa api yang aman, hemat listrik, dan efisien. Saat ini terdapat banyak kompor induksi yang ada di pasaran, salah satunya Kuche Induction. Kuche Induction sendiri adalah kompor yang memanfaatkan induksi listrik atau magnetik, sehingga panas yang dihasilkan bukan berasal dari api atau percikan api, melainkan dari gesekan medan magnet dan logam panci atau perlengkapan memasak yang diletakkan di atasnya.
Bagian Standar Prosedur Operasional (SPO) Kuche, Vida, menjelaskan, alat masak tersebut mampu menghemat energi hingga 50 persen, dengan tarikan listrik pertama 900 watt, dan 400 watt pada tarikan selanjutnya. Dengan berat 2,5 kilogram, dan ukuran 36x43x17,5, Kuche Induction mampu menghasilkan efisiensi panas 83 persen hingga 85 persen.
“Saat menggunakan alat ini, pengguna dapat mengatur waktu memasak dan suhu yang diperlukan, karena dilengkapi pengaturan waktu, suhu memasak, serta kunci keamanan. Tidak hanya itu, kompor akan mati secara otomatis apabila alat memasak dipindahkan dari atas kompor,” papar Vida, saat melakukan demo pameran produk Kuche di Trans Studio Mall (TSM) Makassar, beberapa waktu lalu.
Proses memasak, pengaturan suhu, dan kunci keamanan pada Kuche Induction, dikendalikan micro prosesor atau tombol sentuh. Tombol sentuh ini menggunakan teknologi komputasi, yaitu inovasi teknologi yang menggabungkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Berbekal kecanggihannya tersebut, satu unit kompor induksi mutakhir ini dibanderol Rp 12.999.999.