29 November 2015

Gairah Akhir Tahun Industri Otomotif

TARGET JUAL SATU JUTA UNIT - Penyelanggaran GIIAS Makassar 2015 dianggap sangat tepat dilaksanakan di Makassar. Gaikindo bahkan menargetkan pada event ini, Makassar mampu menyumbang tiga persen penjualan mobil 2015, yang ditargetkan sekitar satu juta unit. BLOGKATAHATIKU/IST

BLOGKATAHATIKU - Makassar menjadi gairah baru bagi pertumbuhan industri otomotif di Indonesia. Potensi yang sangat besar, menjadikan agen pemegang merek (APM) tidak ragu meluncurkan produk terbarunya pada sebuah ajang pameran otomotif beberapa waktu lalu. 
Gabungan Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo) melihat Sulsel sebagai provinsi dengan perkembangan ekonomi yang baik. Provinsi ini akan  berpotensi terus bertumbuh, dan menjadi salah satu daerah penopang industri otomotif Indonesia. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Umum Gaikindo, Noegardjito, saat membuka event Gaikindo International Auto Show (GIIAS) Makassar 2015 di Celebes Convention Center (CCC), 25 November lalu.
 Melalui kegiatan yang digelar perdana di Makassar itu, Gaikindo ingin membawa semangat industri otomotif Indonesia untuk terus berkembang ke daerah lain di luar Jawa, terutama di Sulawesi. Event GIIAS telah sukses dilaksanakan di Jakarta beberapa waktu lalu . Hal ini terlihat dari jumlah pengunjung mencapai 451.645 orang, melampaui target yang dipatok pada 380 ribu pengunjung. Transaksi penjualan pun mencapai nilai Rp 5,7 triliun. Nilai ini meningkat dibandingkan tahun lalu, yang hanya mencatatkan Rp 5,4 triliun.
Melihat potensi pasar yang sangat besar di Makassar, ajang GIIAS Makassar 2015 dimanfaatkan para agen (APM untuk meluncurkan mobil terbaru mereka. GIIAS Makassar 2015 yang berlangsung 25-29 November 2015, diikuti 13 APM, antara lain Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Ford, Hino, Honda, Hyundai, Mitsubishi, Mercedes-Benz, Nissan, Renault, Suzuki, dan Toyota.
Salah satu APM yang meluncukan produk terbarunya adalah Toyota. Melalui main dealer-nya Kalla Toyota, All New Kijang Innova hadir untuk pasar kawasan timur Indonesia (KTI). Toyota All New Kijang Innova menyapa konsumen di Makassar, bersamaan hari pertama GIIAS Makassar 2015. Menurut CEO Kalla Toyota, Hariyadi Kaimuddin, jauh hari sebelum resmi diluncurkan, sudah ada 50 surat pemesanan kendaraan (SPK) untuk seluruh wilayah Sulawesi. Untuk wilayah ini, kontribusinya 70 persen, atau 40 unit.
Dijelaskan, pemesanan sudah dilakukan sebelum peluncuran di Jakarta maupun Makassar. Itu karena mobil MPV generasi keenam Kijang ini memang  banyak peminatnya. All New Kijang Innova dibanderol mulai Rp 296 juta-Rp 441 juta on the road (OTR) Makassar.
All New Kijang Innova hadir dengan tiga tipe, G, V, dan Q (New Top Grade) dengan pilihan bahan bakar bensin dan diesel. Beda generasi tentunya juga terjadi perbedaan cukup signifikan. All New Kijang Innova hadir dengan sentuhan serba baru. Innova sangat kental dengan identitas mobil keluarga yang luas, maka dari itu body besar menjadi ciri khasnya. All New Kijang Innova tetap besar, namun karena desaiannya lebih pipih, ditambah garis body yang tegas dan bentuk lampu depan yang panjang dan runcing, membuat Innova baru terkesan lebih ramping dan terlihat mewah.
Salah satu APM yang juga meluncurkan produk barunya adalah Suzuki, yaitu sedan Suzuki Ciaz. Deputy Managing Director 4 Wheel, PT Suzuki Indomobil Sales, Davy J Tuilan, mengungkapkan, Makassar menjadi kota pertama yang disambangi sedan Suzuki Ciaz usai resmi diluncurkan. Sebelumnya, mobil sedan impor ini hanya diperkenalkan pada GIIAS 2015 di BSD, Tangerang Selatan, Banten. Disebut diperkenalkan, karena saat itu Ciaz belum resmi dijual di Indonesia.
Peluncuran Suzuki Ciaz di GIIAS Makassar 2015 juga menandakan, Suzuki Indonesia resmi menjual Suzuki Ciaz di pasar Tanah Air. Sedan ini dilepas di pasaran dengan harga OTR Jakarta Rp 275 juta untuk versi manual, dan Rp 285 juta untuk versi otomatis.
Mobil sedan terbaru Suzuki ini memiliki desain yang sangat futuristik dan aerodinamik. Bagian headlamp yang memanjang, dan lampu bagian belakang juga mengalami perubahan dengan sedikit lengkungan. Untuk mesin, tetap membawa mesin berkapasitas 1,3 liter untuk mesin bensin, dan 1,2 liter untuk mesin solar. Suzuki mengklain mesin terbaru ini lebih hemat bahan bakar.  
‪Tidak hanya Suzuki yang hadir dengan produk Ciaz, Mitsubishi juga meluncurkan produk terbarunya Delica Royal khusus untuk masyarakat Sulsel. Produk kebanggaan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) PT Krama Tiga Yudha Berlian Motor ini, diluncurkan Head of MMC Strategy Product Unit, Mr Riochi Inaba, Group Head MMC Sales Group, Imam Choeru Cahya, dan pereli nasional sekaligus CEO PT Bosowa Berlian Motor, Subhan Aksa.
Menurut Subhan yang merupakan putra pengusaha ternama, Aksa Mahmud ini, produk MPV & SUV Mitsubishi Delica Royal memiliki beberapa keunggulan dibandingkan produk sebelumnya, seperti jok kulit, audio steering switch, 4 sensor parkir, dan alloy wheel diameter 18 inci ukuran 225/55 R18. Ground Clearance atau jarak mobil 190 milimeter dari tanah tertinggi di kelasnya. Sangat cocok terhadap kontur jalan di Sulawesi, seperti medan terjal dan semi-offroad.
Dalam ajang GIIAS Makassar 2015 ini, Bosowa Berlian Motors selaku dealer resmi Mitsubishi di area Makassar, menargetkan terjadi peningkatan lima persen market share Delica menjadi 20 persen di area Makassar. Group Head of Sales PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Imam C Cahya, mengemukakan, varian terbaru Delica dihadirkan untuk menjawab kebutuhan konsumen terhadap mobil berkinerja maksimal, beserta desain eksterior dan interior elegan. Mitsubishi Delica Royal dijual Rp 462,6 juta.
Mitsubishi Delica Royal didesain sebagai kendaraan Sport Utility MPV, dengan fitur yang lebih elegan dan dapat menunjang kenyamanan premium. Mobil ini menjawab kebutuhan konsumen akan kendaraan dengan utilitas, performa, dan keamanan maksimal. Delica Royal sendiri tetap mempertahankan cita rasa SUV yang tangguh dengan ground clearance tertinggi di kelasnya. Dengan begitu, mobil ini dapat melewati berbagai medan hingga semi offroad.
Selain desain eksterior yang tetap mengusung aura sporty, Delica Royal juga dilengkapi beragam fitur mewah, di antaranya di bagian interior berupa jok sudah menggunakan lapisan kulit, serta setir dengan switch audio.