05 November 2015

BI Optimis Rupiah Bakal Terus Menguat

OPTIMIS - Bank Indonesia (BI) optimis posisi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), akan terus menguat dalam sepekan ke depan. Pekan kemarin, rupiah menguat tajam ke angka Rp 13.483 per dolar AS. Sebelumnya, beberapa pekan lalu rupiah sempat terpuruk pada posisi Rp 14.600 per dolar AS. BLOGKATAHATIKU/EFFENDY W
BLOGKATAHATIKU - Bank Indonesia (BI) optimis posisi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), akan terus menguat dalam sepekan ke depan. Pekan kemarin, rupiah menguat tajam ke angka Rp 13.483 per dolar AS. Sebelumnya, beberapa pekan lalu rupiah sempat terpuruk pada posisi Rp 14.600 per dolar AS.
Penguatan rupiah dipicu faktor internal dan eksternal, apalagi ada rencana Gubernur Bank Central Eropa menambahkan stimulus kebijakan moneter. Deputi Senior BI, Mirza Adityaswara, mengungkapkan, ada beberapa faktor pendukung penguatan rupiah, di antaranya faktor eksternal seperti penambahan stimulus yang membuat currency emerging market menguat, demikian juga rupiah. “Hal ini tentu akan mempengaruhi penguatan rupiah,” ujarnya di Gedung BI, Jakarta Pusat.
Ditambahkan, untuk kepastian kenaikan suku bunga The Fed masih dalam pembahasan. Bulan ini dan Desember nanti, akan diagendakan rapat The Fed. Oleh karena itu, dipastikan hingga kuartal keempat rupiah masih aman.
“Kebijakan pemerintah juga menjadi salah satu faktor menguatnya nilai tukar rupiah. Untuk kelima kalinya, pemerintah secara konsisten berkomitmen mendorong investasi, salah satunya adalah pengurangan pajak guna revaluasi aset untuk korporasi-korporasi,” imbuhnya.