28 November 2015

Bale Resto Sajikan Menu Lezat Kepiting Saos Balikpapan



KEPITING SAOS BALIKPAPAN - Chef Bale Resto tengah memamerkan menu khas “Kepiting Saos Balikpapan”. Menu kepiting yang ditawarkan Bale Resto memang memiliki cita rasa tersendiri. Ini terutama pada bahan kepiting yang langsung didatangkan dari Balikpapan. Daging kepiting resto ini benar-benar gurih dan terasa manis, apalagi ada bumbu khas pedas dalam sausnya. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Untuk mengakomodir urusan lidah, memang bukan perkara gampang. Pasalnya, ada cita rasa yang bakal melekat di sini. Makanan yang baik, tentu memiliki kekhasan tersendiri sehingga terus diburu penikmat kuliner.
Makanan yang biasa-biasa saja, tentu tidak memiliki “taste” sehingga pelanggan cepat melupakannya. Beda jika sebuah menu yang berhasil diracik secara apik, pasti tetap dicari penggemar kuliner, walaupun sudah tidak berada di daerah asalnya. Misalnya, Soto Betawi asal Jakarta yang digemari di Makassar atau Sop Konro yang digemari di Jakarta.
Begitu pula yang dirasakan manajemen Bale Resto, Jalan Ahmad Yani, Palu, Sulteng. Resto yang menyediakan menu khas “Kepiting Saos Balikpapan” ini setiap hari dipadati pelanggan. “Pelanggan paling banyak memesan Kepiting Saos Balikpapan. Menu ini memang andalan kami, dan tidak ada dijual pada resto lain di Palu,” terang Manajer Bale Resto, Yudhi saat diwawancarai via ponsel, Selasa (24/11).
Menurutnya, menu kepiting yang ditawarkan pihaknya memang memiliki cita rasa tersendiri. “Terutama pada bahan kepiting yang langsung kami datangkan dari Balikpapan. Daging kepiting Bale Resto benar-benar gurih dan terasa manis, apalagi ada bumbu khas pedas dalam sausnya, sehingga inilah yang membedakannya dengan olahan menu kepiting di resto lain,” urai pria yang sudah bekerja selama setahun di Bale Resto ini.
Terkait harga, Yudhi menyebut pihaknya membanderol menu kepitingnya dengan takaran per kilogram. “Harga per satu kilogram Rp 197 ribu. Pelanggan dapat juga membeli menu paketnya yang terdiri dari dua ekor Kepiting Telur Saos Balikpapan, dua porsi nasi putih, satu porsi capcay, satu porsi cah kangkung, dan dua gelas es teh manis yang semuanya dibanderol Rp 260 ribu,” jelasnya.
Akan tetapi, selain kepiting, pihaknya juga menjual makanan lain yang tidak kalah lezatnya seperti Bandeng Tanpa Duri Rp 35 ribu, Ayam Lada Hitam Rp 25 ribu, Udang Saos Balikpapan Rp 27 ribu, Ayam Bakar/Goreng Taliwang Rp 27 ribu, serta masih banyak menu lainnya. Sementara, aneka minuman seperti jus rata-rata dibanderol Rp 14 ribu per gelas.
Meskipun enggan menyebut nominal angka yang berhasil dikantongi kas kasir, namun dari hasil penjualan menu yang didominasi kuliner ala Balikpapan ini cukup terbilang fantastis. Hal tersebut tidak lepas dari kontribusi promosi yang dilakukan Telkomsel Poin dalam mendulang konsumen yang datang bersantap di Bale Resto.
“Rata-rata, setiap hari ada 50 pelanggan yang menukaran poin Telkomsel Poin-nya. Secara teknis, kami menerapkan dua sistem penukaran poin. Pertama, pelanggan yang menukarkan 20 poinnya dengan belanja minimal Rp 100 ribu akan mendapat diskon 15 persen. Kedua, pelanggan yang menukarkan 200 poinnya otomatis mendapat potongan harga Rp 25 ribu untuk all item menu,” imbuh Yudhi.
Dijelaskan, penukaran poin sistem pertama memang yang paling banyak dilakukan pelanggan Bale Resto, yakni sekitar 50 pelanggan setiap hari. Sementara, penukaran poin sistem kedua sekitar 10 pelanggan setiap hari.