18 November 2015

58 Tahun Astra

BMW - Seorang warga melintas di samping BMW yang dipamerkan di Showroom BMW, Jalan AP Pettarani, Makassar. BMW Sales Operation (BSO) merupakan divisi usaha dalam Grup Astra yang memegang hak atas penjualan dan layanan purna jual mobil BMW di Indonesia, bekerja sama dengan BMW Indonesia sebagai distributor utama nasional. BLOGKATAHATIKU/IST
58 Tahun Astra
Jejak Sukses Korporasi Kebanggaan Bangsa

BLOGKATAHATIKU - Kehadiran perusahaan-perusahaan yang berada dalam grup Astra International di Sulsel, tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, selama 58 tahun keberadaannya, korporasi ini telah mampu memberikan kontribusi besar bagi kemajuan ekonomi Indonesia, khususnya di Sulsel.
PT Astra International memiliki tiga tahap dalam menetapkan rencana jangka panjang sampai 2020. Ketiga tahap tersebut adalah fase building the foundation dari 2010-2013, fase journey to the next level and next landscape untuk periode 2014-2016, dan fase becoming pride of the nation untuk 2017-2019. Salah satu langkah Astra mewujudkan mimpinya di 2020 adalah pengembangan produk sendiri yang dapat dipasarkan pada market global.   
Sejarah Astra berawal pada 1957 di Jakarta, saat memulai bisnisnya sebagai perusahaan perdagangan umum dengan nama PT Astra International Inc. Pada 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, seiring pelepasan saham ke publik, beserta pencatatan saham perseroan di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Astra saat ini memiliki 218.127 karyawan dari 183 anak perusahaan, yang menjalankan enam lini bisnis, yaitu otomotif, jasa keuangan, alat berat, pertambangan, agrobisnis, infrastruktur dan logistik, serta teknologi informasi (TI). Nilai kapitalisasi pasar PT Astra International di pengujung 2014 ditutup sebesar Rp 300,6 triliun.
Dari 183 perusahaan grup Astra yang ada di Indonesia, ungkap Koordinator Wilayah Astra International Sulsel, Suhardi, sudah ada 19 perusahaan yang ada di Sulel, ditambah satu perusahaan di bidang agroindustri di Sulbar. Setelah sukses membuka kantor cabang Astra BMW pada 2014 lalu, tahun ini juga telah masuk dua anak perusahaan Astra lainnya di Makassar, yaitu UD Trucks yang bergerak di sektor otomotif, dan PT Toyota Astra Financial Services yang merupakan perusahaan pembiayaan. 
Sampai 2020 nanti, sebut Suhardi, semua anak perusahaan milik Astra International, akan diarahkan menjadikan salah satu perusahaan terbaik di Asia. Makanya, semua anak perusahaan diarahkan untuk menaikkan levelnya. Misalnya, Astragraphia bukan lagi hanya fokus pada bisnis penjualan produk mesin fotokopi. Sekarang sudah bermain ke bisnis jaringan dan solusi data yang lebih lengkap. Untuk perusahaan Truck, tidak menutup kemungkinan nanti bukan hanya menangani penyewaan kendaraan mobil, tetapi juga pernyewaan pesawat, helikopter, dan lain-lain.
Sistem kordinasi yang berjalan antar anak perusahaan Astra, diarahkan untuk mengembangkan value chain. Sehingga diharapkan dapat memperkuat sinergi yang terjadi antar perusahaan yang bernaung di bawah grup Astra, terutama dalam satu mata rantai, bahkan dengan mata rantai yang berbeda. Sehingga, ada keterkaitan yang saling menguntungkan satu sama lain.
Di perusahaan grup Astra, juga berjalan sistem kordinasi yang dikelola Astra Affiliated Company (AFCO). “Setiap wilayah kerja ditunjuk seorang kordinator wilayah, yang tugasnya menyampaikan informasi dan arahan kegiatan dari head office, sehingga branding Astra International harus tetap hidup. Jumlah kordinator wilayah di Indonesia sudah lebih 20 orang,” beber Suhardi.
Strategi Astra agar bisa terus eksis di tengah persaingan bisnis, tegas Suhardi, adalah selalu mengutamakan pelayanan dan inovasi. Pelayanan terus diperkuat, ditunjang aftersales service. Untuk inovasi, bukan hanya produk, tetapi juga pelayanan dan bisnis. Pada 26 Februari 2015, Astra melalalui Presiden Direktur Astra, Prijono Sugiarto, meluncurkan program InnovAstra, yaitu lomba Inovasi perusahaan yang ada dalam grup Astra.
Lomba inovasi merupakan salah satu cara agar suatu perusahaan bisa mampu bertahan, dan memenangi persaingan bisnis. Di tengah persaingan global dan perkembangan industri yang semakin kompetitif, semangat inovasi harus terus ditumbuhkan untuk memberikan karya terbaik dari masing-masing perusahaan.
InnovAstra menjadi sebuah acara tahunan yang diselenggarakan PT Astra International sejak 1982. Seluruh unit bisnis yang berjumlah 158 perusahaan ikut dalam lomba inovasi tersebut.