25 October 2015

SMK Negeri 2 Parepare Kunjungi Astra Motor



Buka Jurusan Teknik Sepeda Motor Honda
SMK Negeri 2 Parepare Kunjungi Astra Motor


TEKNIK SEPEDA MOTOR - SMK Negeri 2 Parepare merupakan salah satu sekolah yang telah membuka Jurusan Teknik Sepeda Motor Honda, setelah Maret lalu menandatangani nota kesepahaman dengan Astra Honda Motor (AHM). Mempererat kerja sama dan mengenalkan Honda lebih jauh, sebanyak 28 siswa, 12 tenaga pengajar, termasuk kepala sekolah dan perwakilan Dinas Pendidikan Kota Parepare, berkunjung ke Astra Motor Main Dealer Makassar. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - SMK Negeri 2 Parepare merupakan salah satu sekolah yang telah membuka Jurusan Teknik Sepeda Motor Honda, setelah Maret lalu menandatangani nota kesepahaman dengan Astra Honda Motor (AHM). Untuk lebih mempererat kerja sama dan mengenalkan Honda lebih jauh, sebanyak 28 siswa, 12 tenaga pengajar, termasuk kepala sekolah dan perwakilan Dinas Pendidikan Kota Parepare, berkunjung ke Astra Motor Main Dealer Makassar selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda wilayah Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sulselbartra) dan Ambon, Rabu (28/10).
Kunjungan industri tersebut, disambut langsung manajemen dan panitia Main Dealer Astra Motor Makassar. Acara dibuka sambutan dari manajeman Honda yang disampaikan langsung Service Manager Astra Motor Main Dealer Makassar, Achmad Wahyudi Irmono.  Dalam sambutannya, ia menyampaikan pentingnya membangun kerja sama dengan dunia pendidikan, khususnya SMK. Pasalnya, semua jaringan AHASS dan bengkel resmi Honda sangat membutuhkan lulusan SMK yang siap pakai.
Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Parepare, Fattahuddin, mengungkapkan, kunjungan ke Honda merupakan hal yang sudah ditunggu-tunggu pihaknya. “Kami sangat menantikan transfer ilmu yang up to date dari pihak Honda, sehingga siswa mendapatkan ilmu sesuai kebutuhan industri,” bebernya.
Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Parepare, EW Ariyadi, menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi kerja sama antara SMK Negeri 2 Parepare dengan Honda Motor. “Kami mendukung secara positif kerja sama itu, khususnya bagi Jurusan Teknik Sepeda Motor. Jurusan ini sebagai jurusan percontohan untuk menggairahkan semua SMK yang ada di Parepare,” akunya.
Dalam kegiatan, Astra Motor menyampaikan beberapa materi yang dibawakan Technical Instructor Astra Motor, Irwan Pane. Materi di antaranya profil perusahaan Honda, proses pembuatan sepeda motor Honda di pabrikan hingga proses penjualan distribusi kepada konsumen. Selanjutnya, materi Safety Riding disampaikan Abdul Kadir. Di sini, ia mengajarkan siswa bagaimana cara yang baik dan benar mengendarai sepeda motor sehingga selamat sampai di tujuan.
Selain itu, Astra Motor juga memperkenalkan dua produk terbaru Honda, Sonic 150R dan New CB150R Street Fire, yang tampil elegan dan berteknologi canggih dengan mesin DOHC yang kuat serta bertenaga sesuai tren anak muda sekarang.
Acara juga diisi dengan mengunjungi beberapa unit kerja Astra Motor Makassar, seperti showroom Astra Motor sebagai tempat penjualan sepeda motor Honda dan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS ) dengan komponen service dan spartpart terlengkap. Di AHASS, siswa diperlihatkan fasilitas service mutakhir dan  proses service yang dikerjakan mekanik Honda Motor yang andal dan telah tersertifikasi.
Acara diakhiri penyerahan suvenir kepada seluruh peserta, serta pemberian plakat dan bantuan tools kepada pihak SMK sebagai bukti Honda Motor sangat peduli terhadap dunia pendidikan. Hal ini sesuai salah satu isi Catur Darma Astra, yakni “menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara”. 
Honda sendiri telah menjalin kerja sama dengan beberapa SMK di wilayah Sulselbartra dan Ambon. Selain kerja sama dalam bidang pendidikan, Honda juga kerap mengadakan kontes antar-SMK, seminar, service gratis, dan proses pelatihan lulusan SMK binaan untuk siap dijadikan mekanik AHASS-Mekanik Honda, serta kegiatan lainnya.