24 October 2015

Salon Waralaba Sasar Konsumen Makassar



SPESIFIK - Kebutuhan akan kecantikan melahirkan ide-ide kreatif pelaku bisnis kecantikan. Mulai bisnis yang sudah lama dikenal seperti salon dan spa hingga klinik kecantikan. Bahkan, sekarang bisnis salon lebih spesifik, seperti salon khusus perawatan rambut, perawatan kulit, sampai ke salon yang khusus untuk perawatan wanita Muslim. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Kecantikan merupakan harta paling berharga bagi wanita modern. Berbagai cara dilakukan untuk merawat tubuh mereka. Beberapa salon brand nasional dengan konsep waralaba melirik konsumen Makassar guna meraup untung.
Salah satu jenis usaha yang memiliki prospek cerah dan menjanjikan keuntungan besar adalah usaha salon kecantikan dan spa. Mengapa demikian? Setiap wanita, khususnya yang tinggal di perkotaan, baik wanita karier maupun ibu rumah tangga, sangat membutuhkan sarana untuk merawat diri agar selalu sehat dan terlihat cantik.
Bisnis perawatan tubuh dan kecantikan memang bukanlah usaha yang sama sekali baru. Namun, melihat besarnya pasar bisnis ini, peluang usaha pun sangat terbuka lebar. Hal itu menjadi alasan beberapa merek salon waralaba ternama merambah ke Makassar. Alasannya, tak lain lantaran kota ini menjadi barometer perkembangan bisnis di kawasan timur Timur (KTI), dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi.
Kebutuhan akan kecantikan ini kemudian melahirkan ide-ide kreatif pelaku bisnis kecantikan. Mulai bisnis yang sudah lama dikenal seperti salon dan spa hingga klinik kecantikan. Bahkan, sekarang bisnis salon lebih spesifik, seperti salon khusus perawatan rambut, perawatan kulit, sampai ke salon yang khusus untuk perawatan wanita Muslim.
Salah satu brand besar yang sudah ada di Makassar adalah Salon Rudy Hadisuwarno. Bermain khusus pada perawatan rambut, Salon Rudy Hadisuwarno membuka outletnya di Trans Studio Mall (TSM). Selain itu, salon ini juga memasarkan beberapa produk unggulannya pada beberapa salon kecantikan lain di Makassar.
Nama besar penata rambut ternama Rudy Hadisuwarno menjadi nilai jual dari salon ini. Berbagai layanan dan produk perawatan rambut bisa diperoleh di sini, di antaranya masker rambut, hair spa, creambath, dan procare.
Staf Salon Rudy Hadisuwarno, Kiki, mengklaim perawatan procare hanya ada di Salon Rudy Hadisuwarno. Procare adalah perawatan sejenis masker rambut, tetapi sudah dilengkapi perawatan ozone. Mulai sampo sampai finishing, menggunakan vitamin produk dari Salon Rudy Hadisuwarno. Harga yang ditawarkan relatif murah, dibanderol Rp 50 ribu-Rp 150 ribu.
Di antara sekian banyak wanita yang ingin cantik, sebagian di antaranya lebih percaya diri apabila ditangani dokter. Itu pula yang kemudian mendorong pelaku bisnis ini memunculkan layanan klinik kecantikan. Mereka mempekerjakan beberapa tenaga ahli kedokteran untuk melayani kebutuhan konsumen. Brand nasional yang fokus pada perawatan kecantikan menggunakan tenaga medis di Makassar, di antaranya Natasha dan Miracle.
Klinik kecantikan yang lebih menonjolkan perawatan kecantikan yang ditangani dokter adalah Skin Clinic Center Natasha. Menurut Pengelola Natasha, Agustina Ekowati, di antara semua jenis perawatan yang ada di tempatnya, 80 persen ditangani dokter. “Itu kami lakukan untuk lebih menjaga sisi keamanan dan kenyamanan konsumen saat melakukan jasa perawatan kecantikan. Sisanya, menggunakan jasa beautician therapist,” bebernya. 
Perawatan yang diberikan dokter di antaranya Natasha Laser Modern, Natasha Wet Diamondpeel, Natasha Jet Peel, Natasha Mesotherapy, Natasha Anti Oxidant Injection, dan lain-lain. Harga perawatan mulai sekitar Rp 500 ribu. Karena memiliki pabrik sendiri di Yogyakara, produk yang digunakan di klinik Natasha mengusung brand sendiri. 
Lain lagi jenis perawatan yang diberikan Miracle Aesthetic Clinic yang menyeimbangkan antara perawatan dokter dan beautician therapyst. Menurut Supervisor Front Office Miracle Makassar, Ulfah, pihaknya lebih menonjolkan sisi higienitas saat melakukan perawatan ke customer. “Semua bahan dan alat yang digunakan hanya dipakai sekali. Misalnya, spon untuk memberishkan wajah customer, setelah dipakai sekali langsung dibuang,” ujarnya.
Ditambahkan, untuk perawatan berbasis dokter ada empat jenis, yaitu laser, diamond peel, peeling, dan botox. Untuk produk dan alat yang dipakai, semuanya  menggunakan brand luar negeri. Salah satu perawatan yang menggunakan jasa dokter bernama Laser, ini bermanfaat untuk mengatasi hyper pigmentasi kulit, membantu mengurangi flek, dan meratakan warna kulit.
Untuk menggunakan jenis perawatan tersebut, customer harus mengeluarkan biaya Rp 1.325.000 untuk sekali pemakaian. Agar memudahkan customer, Miracle Aesthetic Clinic memberikan promo harga, yakni yang mengambil paket perawatan empat bulan mendapatkan diskon 10 persen.
Untuk perawatan menggunakan jasa beautician therapist, dikemas dalam bentuk facial dan dibagi menjadi tiga fungsi, yaitu pencerahan, agne series, dan antiaging (penuaan). Harganya mulai Rp 380 ribu-Rp 700 ribu. Segmen yang disasar adalah customer menengah atas.
Di antara semua salon yang menjamur di Makassar, juga ada brand salon nasional yang khusus melayani wanita Muslim. Salon yang dimaksud adalah d’Mustia Spa and Salon Muslimah. Menurut pemilik cabang Makassar, Devita Ayu Pratiwi, salon yang dikelolanya bukan sekadar sarana bisnis, tetapi juga media dakwah Islamiyah.
Berbagai jenis perawatan yang ditawarkan, mulai perawatan rambut, wajah, tubuh hingga daerah kewanitaan, dibanderol dengan harga sangat murah. “Untuk perawatan rambut seperti creambath Rp 75 ribu, hair mask Rp 85 ribu, dan rebonding Rp 350 ribu. Sementara, perawatan wajah seperti facial laser Rp 90 ribu dan totok wajah Rp 45 ribu. Untuk perawatan daerah kewanitaan Rp 55 ribu. 

Brand Lokal Layanan Standar Nasional

Meskipun menggunakan brand lokal, Salon Best Beauty and Style tetap optimis bisa bersaing dengan pesaingnya yang telah memiliki nama besar di Makassar. Belum cukup lima tahun, salon ini telah memiliki dua outlet, satu di Mal Panakkukang (MP) dan satu di Panakukang Square.
Staf Salon Best Beauty and Style, Mitha, menjelaskan, jenis perawatan pihaknya terbilang sangat lengkap, mulai rambut, wajah, hingga tangan dan kaki. Kelebihan salon ini lantaran semua jenis perawatan menggunakan produk Matrix, yang dipakai banyak praktisi kecantikan ternama.
“Matrix  selalu memberikan hasil sesuai harapan, berkat teknologi mutakhir yang telah dikembangkan di Amerika Serikat (AS). Saat ini, Matrix sudah digunakan lebih 250 ribu salon pada 57 negara,” bebernya.
Untuk perawatan rambut, sebut Mitha, tersedia berbagai jenis, mulai gunting Rp 50 ribu, creambath Rp 69 ribu (tradisional) dan hair spa (modern) Rp 99 ribu. Rekayasa rambut untuk menambah kecantikan juga ada, seperti smoothing Rp 69 ribu, keriting Rp 225 ribu, highlight Rp 149 ribu, coulouring Rp 299 ribu, dan hair extension Rp 1.500.000
Keindahan fisik juga sangat didukung make-up yang mempercantik, bahkan “mengoreksi” wajah kaum Hawa. Oleh karena itu, make-up menjadi penting bagi mereka yang sibuk merintis karier. Salon Best Beauty and Style memberikan layanan make-up yang berkualitas dengan harga terjangkau Rp 99 ribu. 
Jenis perawatan lainnya yang diberikan adalah kebugaran tangan dan kaki. Kaki yang mungkin terasa lelah setelah seharian beraktivitas perlu mendapatkan perawatan refleksi dibanderol hanya Rp 39 ribu. Sementara, pedicure Rp 39 ribu dan medicure Rp 29 ribu. Untuk memberikan hasil maksimal, empat orang tenaga stylish selalu siap melayani konsuman yang datang ke salon yang berlokasi di Lt 3 MP ini.