26 October 2015

OJK Dukung ISMI Rancang BPR Syariah

BPRS - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Sulsel merancang dan membentuk Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS). ISMI menargetkan dua lokasi, Kabupaten Gowa dan Makassar, yang bertujuan untuk mendorong dan mengembangkan ekonomi masyarakat. BLOGKATAHATIKUIST
BLOGKATAHATIKU - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Sulsel merancang dan membentuk Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS). ISMI menargetkan dua lokasi, Kabupaten Gowa dan Makassar, yang bertujuan untuk mendorong dan mengembangkan ekonomi masyarakat.
Ketua ISMI Sulsel, Yusran Paris, mengatakan, selain koordinasi dengan pengurus saat ini, ISMI menggali informasi mengenai bagaimana proses pembentukan BPR Syariah.
“Dengan bantuan OJK, kami banyak tahu info tentang BPR Syariah. Kami targetkan sasar masyarakat yang belum tersentuh dana keuangan BPR. Selain itu, modal awal yang harus kami siapkan sekitar Rp 1 miliar,” ujarnya belum lama ini dalam kunjungannya ke Kantor Region 6 OJK Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua), Jalan Jenderal Sudirman, Makassar.
Ke depannya, sebut Yusran, pihaknya akan membentuk tim untuk menindaklanjuti hasil audiensi dengan OJK. Untuk persiapan internal ISMI secara organisasi, sejauh ini sudah ada beberapa pengurus yang berminat mendirikan BPRS di Gowa dan Makassar.
Meski tidak menyebutkan kapan akan direalisasikan, namun pihaknya berharap dalam waktu dekat sudah dapat terwujud. ISMI Sulsel sendiri baru berdiri bulan lalu, dengan pengurus sekitar 200 orang. Rencananya, akan dibentuk keanggotaan baru di kabupaten dan kota.
“Kami berharap akan cepat terealisasi, tetapi tetap harus melalui tahapan-tahapan. Selain itu, soal lainnya seperti pilihan akuisisi atau pembentukan baru, harus terlebih dulu dipelajari awal karena harus bernegosiasi dengan pemiliknya. Oleh karena itu, kami akan selalu berkoordinasi dengan OJK terkait aturan, info, dan tahapan-tahapan ke depannya,” imbuhnya.