29 October 2015

Manisnya Markisa Khas Malino

PERKEBUNAN - Ada satu yang istimewa di Malino, yaitu perkebunan buah-buahannya seperti markisa. Rasa markisa Malino sungguh khas, paduan antara manis dan masam yang pas. Di pasar, pengunjung bisa menikmati langsung buah markisa yang ranum. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Ada satu yang istimewa di Malino, yaitu perkebunan markisa. Rasa markisa Malino sungguh khas, paduan antara manis dan masam yang pas. Di pasar, pengunjung bisa menikmati langsung buah markisa yang ranum, atau membeli hasil olahan penduduk setempat berupa sirup dan selai. Markisa telah menjadi oleh-oleh khas dari Sulsel. Dengan melihat langsung kebun markisa di Malino, akan menjadi pengalaman wisata yang menyenangkan, di samping mencicipi sirupnya yang segar dan enak.
Markisa merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Latin, dan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan seperti pereda nyeri, antikejang, kolitis, penenang, dan anti radang. Berbagai gangguan kesehatan seperti sembelit, disentri, insomnia, gangguan haid, batuk, serak, tenggorokan kering, juga bisa dihalau dengan mengkonsumsi markisa. Jenis markisa variatif, namun yang banyak ditanam di Sulsel adalah markisa ungu.
Jika dibandingkan dengan yang dihasilkan daerah lain, markisa yang dihasikan dari desa Kanreapia Malino, rasanya lebih segar dan bermutu tinggi. Makanya, buah tersebut menjadi primadona. Kawasan Malino memang menjadi habitat terbaik tumbuhan markisa lantaran udaranya yang sejuk dan kelembapan yang tinggi.