01 October 2015

Suprapto W Tani

SUPRAPTO W TANI - General Manager Hotel Grand Imawan. BLOGKATAHATIKU/EFFENDY W
Suprapto W Tani
General Manager Hotel Grand Imawan
“Optimis Bisa Bersaing Lewat Pelayanan Berkualitas”

BLOGKATAHATIKU - Hotel Grand Imawan yang terletak di Pengayoman, Makassar, berkomitmen selalu meningkatkan pelayanan maupun produk jasanya. Sejak berdiri 7 Oktober 2013, hotel bintang tiga ini senantiasa memasang tarif menginap dengan harga terjangkau. Tak hanya itu, hotel yang terbilang representatif lantaran berada di kawasan elite Panakkukang, selalu menjaga kualitas servis. Sumber daya manusia (SDM) pun semakin dibenahi agar cakap dan andal di bidangnya masing-masing.
Hal tersebut diungkapkan General Manager Hotel Grand Imawan, Suprapto W Tani, saat ditemui di lobi Hotel Grand Imawan, Senin (21/9). Pria murah senyum ini membeberkan, tidak mudah mengelola hotel independen.
“Ada tantangan tersendiri (dibandingkan hotel jaringan), tetapi dari situlah kami bisa melihat peluang untuk maju. Tentu saja dengan tetap berkomitmen mengedepankan kualitas pelayanan dan produk jasa,” ujarnya.
Suprapto tak menampik, beberapa waktu lalu sejak pemerintah mengeluarkan beleid pelarangan pegawai negeri sipil (PNS) mengadakan rapat maupun pertemuan di hotel-hotel, okupansi sempat mengalami penurunan 15 persen hingga 20 persen. “Tetapi, sejak Juli lalu, okupansi perlahan meningkat 30 persen hingga 45 persen,” paparnya.
Lebih lanjut, S2 Magister Marketing Universitas Hasanuddin (Unhas) ini mengungkapkan, pihaknya tetap optimis dapat melaju di tengah persaingan pasar perhotelan yang semakin tinggi. “Kami tidak ingin ikut arus perang tarif, namun tetap berkompetisi melalui pelayanan dan produk jasa,” urai pria yang lahir 7 April 1968 ini.
Suprapto menambahkan, untuk pengembangan hotel ke depannya, manajemen berkeinginan berekspansi ke luar daerah dengan mendirikan hotel serupa. Dijelaskan, saat ini Grand Imawan yang berlantai 15 lantai, menyediakan 100 kamar dengan empat tipe room.
“Selain empat tipe kamar, superior, deluxe, deluxe suite, dan executive, kami juga menyediakan delapan ruang meeting. Saat ini, ada penambahan dua room meeting, yaitu Bira 1 dan Bira 2. Ini sebagai antisipasi aktivitas meeting, incentive, convention and exhibition (MICE) yang semakin meningkat dalam bulan-bulan terakhir,” terang alumni S2 Magister Marketing Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar tersebut.
Terkait okupansi di September ini, sebut Suprapto, pihaknya menargetkan bisa mencapai 60 persen, karena peningkatan dari sisi okupansi baru tahap penyesuaian kondisi dan belum signifikan. “Tetapi di luar itu, ke depannya Hotel Grand Imawan tetap akan fokus terhadap pelayanan dan produk jasa yang lebih baik lagi,” imbuhnya.