01 October 2015

Membidik Potensi Industri Sepeda Motor Sport

SEPEDA MOTOR SPORT - Berdasarkan harga jual, segmen sepeda motor sport dibagi menjadi beberapa kelas dari kisaran harga jual. Di antaranya, kelas premium dengan harga jual di atas Rp 35 juta. Di Indonesia, saat ini sepeda motor sport premium berkontribusi sekitar 7,3 persen dari total pasar segmen tersebut. BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Meskipun pasar industri otomotif turun akibat kondisi ekonomi yang belum stabil, namun pemain di kelas sepeda motor pelan tetapi pasti mulai bergairah, dengan memperlihatkan kompetisi produk mutakhir masing-masing. Meskipun tidak sesemarak jenis matic, perebutan konsumen di tipe sport mulai menggeliat.
Lakukan, karena kalau tidak maka bakal ada kompetitor yang melakukannya. Pepatah marketing yang sudah lama tadi, cocok untuk menggambarkan persaingan pasar sepeda motor sport di Tanah Air. Meskipun tidak sesemarak jenis matic, dua raksasa otomotif, Yamaha dan Honda, saling berebut konsumen dengan berbagai jurus strategi.
Pada semester pertama 2015, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat total pasar sepeda motor sport mencapai 392.223 unit. Dibandingkan tahun sebelumnya di 2014, total penjualan segmen sport sebanyak 1.106 juta unit. Pada 2013, AISI mencatat total penjualan segmen sport mencapai 1.101 juta unit.
Berdasarkan harga jual, segmen sepeda motor sport dibagi menjadi beberapa kelas dari kisaran harga jual. Pertama adalah kelas premium dengan harga jual di atas Rp 35 juta. Di Indonesia, saat ini sepeda motor sport premium berkontribusi sekitar 7,3 persen dari total pasar segmen tersebut. Kedua, sepeda motor sport kelas atas dengan rentang harga di atas Rp 27 juta hingga Rp 35 juta, yang memberikan sumbangsih 23,2 persen.
Ketiga adalah kelas menengah dengan pangsa pasar terbanyak di segmen sport,  yang mencapai 58,9 persen dengan kisaran Rp 19 juta-Rp 27 juta. Kategori terakhir adalah segmen sport kelas bawah di kisaran Rp 19 juta. Kelas keempat ini berkontribusi sekitar 10,7 persen terhadap total penjualan sepeda motor segmen sport.
Melihat potensi yang besar untuk segmen sport, Astra Motor Main Dealer Makassar (PT Astra International Tbk-Honda sebagai main dealer sepeda motor Honda area Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Maluku), memperkenalkan dua produk terbarunya, Sonic Reborn dan Streetfire, beberapa waktu lalu di Mall GTC, Jalan HM Daeng Patompo, Tanjung Bunga, Makassar.
Mengusung tagline “Saatnya Generasi Juara”, kedua motor sport dari Honda ini, sebut Senior Manager Brand Activation Astra Honda Motor, Judhy Goutama, sudah dilengkapi n mesin generasi terbaru liquid cooled DOHC 150 cc, dan perangkat termutakhir seperti speedometer digital, LED headlight, dan ban tubeless.
Menurutnya, fitur dan teknologi Streetfire dan Sonic Reborn tentu sangat dinantikan pengendara yang berjiwa muda, untuk mengekspresikan keinginan mengendarai sepeda motor yang berformansi maksimal.
“Streetfire dan Sonic Reborn merupakan generasi kedua, dengan perbedaan yang lebih banyak dibandingkan gererasi pertamanya. Perbedaan tersebut dari segi tampilan dan performa. Streetfire hadir sebagai naked motor sport, dengan desain yang agresif. Itu tercermin dari sisi depan sampai belakang, yang menciptakan siluet tajam seperti panah. Di Makassar, Streetfire dijual Rp 26.330.000,” terang Judhy.
Sementara, Sonic Reborn dihadirkan kembali untuk menjawab tingginya permintaan anak muda terhadap sepeda motor yang sporty, trendi, agresif, dan dinamis. Sonic Reborn mengusung konsep urban, dengan desain sudut dan garis tajam. Sepeda motor ini juga didukung fitur canggih, seperti LED Headlight, Digital Speedometer, desain velg aluminium 12 palang, dan rem cakram depan terbesar. Harga satu unit Sonic Reborn di Makassar Rp 21.800.000.
Dengan dukungan mesin generasi terbaru 150 cc-DOHC, All New Honda CB150R Streetfire kini memiliki catatan akselerasi lebih agresif mencapai 10,5 detik (0-200m). Model ini pun dapat dipacu hingga 125 kilometer per jam, dengan tetap menghasilkan tingkat konsumsi bahan bakar yang efisien mencapai 40.6 kilometer per satu EURO 2 dan 37,9 kilometer per satu EURO 3 dengan metode ECE R40. Ini berkat aplikasi dari  offset cylinder, spiny sleeve, dan roller rockerarm.
New Honda Sonic 150R mampu berakselerasi 10,6 detik untuk jarak 0-200 meter. Motor sport terbaru Honda ini pun mampu dipacu hingga 124,1 kilometer per jam berdasarkan hasil pengetesan perusahaan. Sementara, konsumsi BBM yang dihasilkan tetap efisien dengan angka 45,4 kilometer per satu EURO 2 dan 40,9 kilometer per satu EURO 3 dengan metode ECE R40.
Manager Marketing Astra Motor Main Dealer Makassar, Sinyo Kalangi, menjelaskan, pasar sepeda motor sport di Sulsel sebesar 2.000 unit per bulan. Kehadiran kedua produk baru Honda tersebut, ditargetkan dapat merebut 50 persen konsumen dari jumlah pasar yang tersedia. “Saat launching, konsumen yang inden untuk Streetfire sudah ada 200 orang, sementara inden untuk Sonic Reborn mencapai 300 orang,” bebernya.    
Tidak mau kalah dengan pesaingnya, tahun ini Yamaha juga memperkenalkan Yamaha MT-25 yang juga disebut versus naked R25.
Sepeda motor ini hadir dengan tiga keunggulan, masing-masing desain pure street naked bike, maneuverability aggressive handling, dan high performance engine. Handling dan manuver agresif
motor dengan performa 250 cc, dengan adopsi dua cylinder, DOHC, 8 katup, fuel injection, dapat menghasilkan tenaga besar dan akselerasi responsif.
PT Suracojaya Abadi Motor (SJAM) Main Dealer Yamaha area Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar), menyuguhkan produk terbaru itu untuk para pecinta sepeda motor sport, khususnya yang hobi turing. Sepeda motor tersebut adalah Yamaha MT-25. Naked bike premium ini hadir di Makassar sejak Juli lalu. MT-25 merupakan produk keempat dari MT Series. Sebelumnya, ada MT-09 dan MT-07 pada 2013 dan MT-125 di 2014.
MT-25 tersedia dalam tiga warna, black strike, silver blue, dan red rage. Sepeda motor sport turing ini dibanderol Rp 48 juta di Makassar. Sepeda motor ini menyasar pecinta otomotif kelas menengah atas. Boleh dikatakan, untuk pengguna Vixion yang ingin naik kelas.