16 May 2015

Granito Target Jual Satu Juta Kardus Keramik

Gencar Penetrasi Pasar Properti
Granito Target Jual Satu Juta Kardus Keramik

BLOGKATAHATIKU/EFFENDY W
BLOGKATAHATIKU - Tingginya tingkat pertumbuhan properti di Indonesia, khususnya Makassar, diyakini memberikan dampak positif terhadap industri bahan bangunan. Seiring, permintaan terhadap bahan bangunan, baik ritel maupun komersial, juga berdampak pada peningkatan permintaan produk keramik maupun homogeneous tile.
Salah satu produsen homogeneous tile terkemuka, PT Granitoguna Building Ceramics (Granito TM), juga merasakan imbas peningkatan tersebut. Selain mengusung produk yang bermutu, serta berbagai desain mumpuni yang ditawarkan, Granito juga meningkatkan kualitas layanannya dengan menghadirkan layanan free design di Makassar.
“Layanan free design, menjadi salah satu strategi kami untuk meningkatkan pelayanan dan kepercayaan konsumen kepada Granito. Melalui layanan desain ini, konsumen dapat berkonsultasi mengenai desain lantai secara profesional tanpa dipungut biaya (gratis),” terang Marketing Superintendend PT Granitoguna Building Ceramics, Hermina Handayani di sela kegiatan gathering Granito bersama Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Ikatan Konsultan Indonesia (Inkindo) Sulsel di Diamond Ballroom, Swiss-Belinn Panakkukang, Jalan Boulevard, Makassar, Rabu (29/4).
Menurutnya, Makassar sengaja dipilih sebagai salah satu pasar potensial produk lisensi Australia tersebut, lantaran merupakan kota di kawasan timur Indonesia (KTI) dengan kegiatan pembangunan properti terbesar kedua setelah Jawa Timur.
“Ada tiga daerah terbesar yang masuk pasar potensial produk kami, di antaranya Jawa Timur (Surabaya), Bali, dan Makassar. Sejak 2014 lalu, Makassar sendiri sudah masuk sebagai kota kedua dengan pengguna produk Granito terbanyak setelah Jawa Timur, setelah itu Bali dan kota-kota lainnya,” beber Hermina.
Merunut angka maupun omset penjualan secara global, wanita yang berkantor di Gedung Graha Pacific, Jalan Basuki Rachmat, Surabaya ini, enggan merinci detail. Kendati demikian, ia membeberkan target penjualan yang dipatok perusahaannya tahun ini. “Secara nasional, perusahaan menargetkan dapat memasarkan satu juta kardus Granito. Satu kardus keramik kami setara 1,08 meter persegi,” urainya.
Dijelaskan, Makassar berkontribusi 10 persen dari total nasional pasar keramik pihaknya. “Jadi, kalau dikalkulasikan, target Makassar dalam setahun diestimasi dapat mencapai sekitar seratus ribu kardus keramik. Adapun persentase jenis pasar, 70 persen ritel dan 30 proyek,” ujar Hermina.
Sementara itu, Area Sales Supervisor PT Granitoguna Building Ceramics, Tony Setiawan, menambahkan, penetrasi pasar properti yang dilakukan pihaknya, merupakan agenda rutin yang selalu menggandeng pihak terkait properti, seperti IAI dan Inkindo, juga mahasiswa arsitektur di perguruan tinggi Tanah Air.
Sekadar diketahui, PT Granitoguna Building Ceramics merupakan perusahaan dalam negeri yang mendapatkan lisensi dari Australian Building Ceramics Pty Ltd, dan memiliki pabrik yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.
Hasil produksi dari pabrik tersebut, sebagian besar untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan diekspor ke mancanegara. Beberapa merek produk homogeneous tile Granito adalah Aurora, Salsa, Palazzo, Castello, Lunar, Sabbia, Ambience, Mosaics, Inspire, serta aksesoris terkait lantai lainnya.