02 March 2015

Tanjung Bira

Tanjung Bira
Pesona Pantai Pasir Putih Bulukumba

BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Jika Bali atau mungkin Lombok sudah terlalu mainstream, maka coba datanglah ke ujung selatan pulau Sulawesi di Pantai Tanjung Bira. Pemandangan alam yang ada di Kabupaten Bulukumba tersebut tidak kalah indahnya.
Saat cuaca cerah, langit biru sangat bersih memantul di hamparan laut yang ada di bawahnya. Pasirnya sangat lembut dan saat menjejakinya seperti menginjak tepung putih. Saking halusnya, bahkan nyaris tak terdengar bunyi langkah kaki yang terseret saat melangkah. Sesekali ombak datang mengempas pantai. Itulah pesona alam Pantai Bira.
Pantai Tanjung Bira berjarak kurang lebih 40 kilometer dari Bulukumba, atau sekitar 200 kilometer dari Makassar. Letaknya berada di ujung paling selatan Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Untuk mencapai lokasi Pantai Tanjung Bira dibutuhkan waktu tiga hingga empat jam perjalanan dari Kota Makassar. Empat kabupaten akan dilewati, yaitu Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Bantaeng.
Wisatawan yang berangkat dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, dapat menggunakan transportasi umum seperti taksi langsung menuju ke Terminal Malengkeri. Sesampainya di terminal, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan mobil sewaan tujuan Bulukumba atau langsung ke Tanjung Bira.
Bagi yang memilih mampir terlebih dulu di Bulukumba, perjalanan dapat dilanjutkan ke Pantai Tanjung Bira menggunakan angkutan umum daerah ini yang biasa disebut “Petepete”. Di Tanjung Bira, transportasi umum hanya beroperasi sampai sore hari, jadi persiapkan waktu engan matang.
Tiket masuk Pantai Tanjung Bira terbilang murah, untuk dewasa Rp 10 ribu per orang, anak-anak Rp 3 ribu, dan Rp 20 ribu untuk wisatawan asing. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini, antara lain bermain sepakbola, voli pantai, tarik tambang, berenang, snorkeling, diving, berkeliling pantai dengan menggunakan perahu tradisional, atau sekadar menikmati sinar matahari dan embusan angin pantai yang sejuk.
Pasir pantai di Tanjung Bira berbeda dari pasir pantai lainnya, itu yang membuat berbeda. Tekstur pasir yang lembut merupakan ciri Pantai Tanjung Bira, dengan pesona panorama alam pesisir pantai tropis. Pantai yang membujur dari sisi utara hingga selatan ini tampak sangat memukau siapa saja yang datang berkunjung. Jajaran pohon kelapa serta bukit karang yang tampak kokoh menjadikan pantai ini terlihat nyaman.
Fasilitas di kawasan ini cukup lengkap, seperti toilet, kamar bilas, warung makan, penginapan, resort, dan tempat persewaan peralatan menyelam. Untuk penyewaan diving dan snorkling dipasang tarif rata-rata Rp 30 ribu. Bagi pengunjung yang ingin berkeliling di sekitar pantai, tersedia penyewaan motor dengan tarif Rp 65 ribu.

Berburu Kuliner dan Suvenir Khas

Di sekitar kawasan Pantai Tanjung Bira juga banyak terdapat pedagang yang menjajakan aneka oleh-oleh khas, seperti suvenir dan aksesoris yang terbuat dari kerang yang dijual Rp 5 ribu-Rp 30 ribu. Ada juga aneka baju bertuliskan “Pantai Bira” yang dibanderol Rp 20 ribu-Rp 60 ribu.
Saat ingin melepas lelah setelah bermain-main di Pantai Tanjung Bira, tersedia banyak penginapan, dengan tarif Rp 100 ribu-Rp 600 ribu per malam. Di antara semua penginapan yang ada, salah satunya terbilang cukup unik adalah penginapan yang berdiri di atas tebing karang menghadap laut. Dari atas ketinggian, wisatawan bisa merasakan sejuknya suasana, sekaligus memanjakan mata menikmati keindahan pantai ini dari tempat menginap.
Wisata kuliner di Bulukumba tidak berbeda jauh wisata kuliner khas Makassar, mulai menu seafood dan Coto Makassar. Sebelum pulang ke rumah, jangan lupa mencicipi dan membeli “Jagung Marning” sebagai oleh-oleh, yang merupakan wisata kuliner khas Bulukumba. Makanan ringan lainnya yaitu Banning-bannang, Tengteng, dan lain-lain, di mana semuanya dijual Rp 5 ribu-Rp 15 ribu di warung-warung yang ada di sekitar Pantai Tanjung Bira.