19 March 2015

Seni Ukir Cangkang Telur di Manado

Seni Ukir Cangkang Telur di Manado
Dapat Raup Jutaan Rupiah

BLOGKATAHATIKU/IST
BLOGKATAHATIKU - Manado tak hanya terkenal dengan panorama lautnya, Bunaken, ataupun kuliner khasnya yang lezat, Bubur Manado, tetapi juga ada hal istimewa yang belum diketahui banyak orang, yaitu seniman ukir cangkang telur.
Cangkang telur ayam biasanya hanya menjadi sampah setelah diambil isinya, namun di tangan seniman asal Perkamil, Manado, Frans Sigar, cangkang telur ayam ini disulap menjadi kerajinan tangan yang menghasilkan rupiah. Cangkang telur ayam tersebut dibuatnya menjadi ukiran dengan berbagai bentuk menarik.
Membuat kerajinan dari cangkang telur ayam tergolong sulit, dan memerlukan kehati-hatian supaya cangkang tidak retak dan menghasilkan ukiran yang indah serta sempurna. Pengukiran cangkang telur ini memakan waktu tiga sampai empat jam tergantung tingkat kesulitan bentuknya.
Sebelum diukir, cangkang telur ayam dicuci dengan air bersih kemudian diukir dengan menggunakan alat khusus seperti bor kecil dengan berbagai jenis matanya, juga sejenis alat suntik yang digunakan untuk membersihkan bagian dalam cangkang.
Menurut  Frans, Selasa (17/3/2015), ide mengolah cangkang telur tersebut terinspirasi ketika bertandang ke suatu negara, di mana seniman di sana mengukir cangkang telur unta sedemikian rupa dan menghasilkan ukiran yang indah.
Ditambahkan, orderan mengukir cangkang telur ayam ini mulai meningkat ketika musim Paskah tiba, di mana omsetnya bisa mencapai puluhan juta rupiah walaupun harganya tidak semahal dijual pada hari biasanya.
Sementara soal harga memang relatif, bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung tingkat kesulitan mengukirnya. Namun, kendati terbilang mahal, hasil ukiran Frans kini mulai merambah kota-kota besar Indonesia. “Tetapi, sementara saya hanya menjual saat ada event nasional dan internasional di Kota Manado,” bebernya.
Dari mengukir cangkang telur ini, Frans juga sudah mulai mencari media lain seperti seni ukir es atau dikenal dengan ice curving dan dekorasi meja makan dengan ukiran buah-buahan, sehingga ia berhasil mendapat juara dalam beberapa event nasional, bahkan internasional.